Salam Indonesia Bangkit,
  Salam Jujur,

  Dari diskusi panjang tentang pro-kontra dan berbagai aspek tentang busway,
rasanya tidak ada yg membahas (CMIIW) tentang dampak negatif
TransJakarta(TJ)-busway yakni bertambahnya pengangguran dari sopir dan kenek
angkuatn umum. Koridor busway akan menghapus sekian trayek
bis/metromini/kopaja/mikrolet yang berarti menghilangkan nafkah ribuan sopir
dan kenek pada jalur tersebut? Betul atau salah?

  Saya tinggal di Pasar Jum'at-Lebak Bulus-JakSel, tiap hari ke kantor naik
bis/metromini ke arah Blok M, masyarakat daerah Ciputat-Pondok
Cabe-Pamulang-LebakBulus-PasarJumat-KebayoranLama- naik Metromini dari LBulus
yakni Metromini 72 via Pond.Indah-RadioDalam atau Metromini 611 via
KebayoranLama-Arteri Pond.Indah. Saya perhatikan tentang cara kerja para sopir
(narik-istilah sopir angkutan) yakni 1 metromini dalam sehari bisa ganti
sopir/kenek yg berbeda 2-3 kali, begitulah cara mereka mencari nafkah di
jalanan ibukota yg "kejam". Itu untuk 1 metromini/mobil, kalau ada sekian ratus
mobil, berapa sopir dan kenek? Bisa kita bayangkan berapa anggota
keluarga-istri dan anak para sopir dan kenek tersebut.

  Tahukah anda, dalam kondisi sulit sekarang ini seperti sembako mahal-setoran
naik-BBM mahal, jalanan "neraka" macet plus oknum Polantas-DLLAJ-Preman, para
sopir itu sangat bersyukur jika pada bisa bawa pulang duit sejumlah
Rp.50,000.-/hari, ingat mereka tidak "narik" tiap hari karena harus bergantian
dengan rekan sopir lainnya. Sering "trenyuh" perasaan saya kalo pulang malam
melihat itu sopir dan kenek bagi hasil, setelah isi solar dan sisihkan uang
setoran, hanya tersisa uang sebesar Rp.60 ribu, jadi sopirnya 40rb dan si kenek
dapet 20rb, ah, kejam nian hidup!
  Sekarang ada TJ-busway pula, bagaimana nasib mereka?Pindah trayek lain?Kan
semua serba busway?Mau kemana?

  Bagaiamana wahai para pemimpin?

  salam curiga proyek busway dikorupsi
  salam jujur