----- Forwarded Message ----
From: Boni Triyana <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, November 16, 2007 1:36:02 PM
Subject: [pantau-komunitas] Kompas Melakukan Kekeliruan

Dear all,

Hari ini, 16 November 2007, Kompas melakukan kekeliruan yang sedikit mengusik
saya. Pada section Muda, halaman 43, terbit tulisan berjudul "Yang Muda Yang
Enggak Dipercaya". Artikel ini menarik karena menuliskan persoalan gap generasi
muda-tua dengan perspektif sejarah. Karena ditujukan kepada anak muda, bahasa
yang digunakan pun bernuansa gaul.

Namun sayang sekali di dalam kutipan yang tertulis dalam artikel itu
menyebutkan, "Bung Karno berkata: "berikanlan aku seratus orang tua, maka kita
mampu merobohkan Himalaya". Bung Hatta menanggapi "Berikanlah padaku sepuluh
orang pemuda, maka kami akan dapat mengguncang dunia".

Apa yang salah?

Pertama, Bung Hatta tidak pernah menanggapi ucapan Bung Karno yang meminta
seratus orang tua untuk merobohkan Himalaya dengan mengatakan "berikanlah aku
sepuluh pemuda...... ".

Kedua, Bung Karno tidak pernah mengatakan "berikanlah aku seratus orang tua
untuk merobohkan Himalaya" karena yang benar adalah: "“Beri aku seribu orang!
dan dengan mereka aku akan menggerakkan Gunung Semeru! Beri aku sepuluh pemuda
yang membara cintanya kepada Tanah Air, dan aku akan mengguncang dunia”

Ketiga, dengan kalimat kutipan yang salah itu timbul kesan bahwa Bung Karno
adalah orang yang kolot dan tak memberi kesempatan pada pemuda, berlawanan
dengan yang Bung Hatta perlihatkan dalam tanggapannya itu.

Keempat, Bung Karno dan Bung Hatta tak pernah bersoal jawab tentang golongan
muda dan tua sebagaimana tercermin dalam kutipan tersebut.

ini adalah anakronisme dalam sejarah, yang seharusnya tidak terjadi di sebuah
harian paling besar dengan jumlah pembaca terbanyak.

Sekian dan terima kasih.

Bonnie Triyana,
Penyunting kumpulan pidato Soekarno 1965-1967 ("Revolusi Belum Selesai")

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger .yahoo.com

Pojok Milis Komunitas FPK:

1.Milis komunitas FPK dibuat dan diurus oleh pembaca setia KOMPAS
2.Topik bahasan disarankan bersumber dari KOMPAS dan KOMPAS On-Line (KCM)
3.Moderator berhak mengedit/menolak E-mail sebelum diteruskan ke anggota
4.Kontak moderator E-mail: [EMAIL PROTECTED]
5.Untuk bergabung: [EMAIL PROTECTED]

KOMPAS LINTAS GENERASI

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional