Rekan-Rekan FPK,

Penyakit PUSING soal harga minyak bisa timbul karena masih adanya
PENGHARAPAN/IMPIAN bahwa harga minyak dunia akan turun. PUSING akan
hilang bila adanya PENGAKUAN bahwa harga minyak dunia akan terus
menanjak naik. Dan yang paling penting adalah mencurahkan segala daya
upaya untuk menghadapi berakhirnya era minyak murah ini.

Sayangnya WAKTU berakhirnya era minyak murah terjadi pada masa
Presiden SBY menjabat. Silent Tsunami sudah nampak nun jauh di sana
menuju ke arah kita. Pilihannya sekarang adalah membiarkan rakyat
TERPESONA melihat Tsunami ini dan berebut untuk mengabadikannya, atau
dengan tegas melakukan proses evakuasi walaupun beresiko dimusuhi
oleh rakyat. Silent Tsunami ini akan mencapai bibir pantai dan akan
terjadi tragedi kalau kita tidak mengambil tindakan yang tepat
DIMULAI DARI SEKARANG.

Pada tahun 2007, IEA sudah menyalakan alarm bahwa minyak akan habis
lebih cepat dari yang diperkirakan. Akankah kita mengabaikan alarm
tersebut dan menunggu alarm itu mati sendiri?

Untuk menghadapi masalah harga minyak ini ada tiga cara yaitu:
1) Meningkatkan efisiensi energi
2) Menggunakan bahan bakar alternatif pada sektor transportasi
3) Meningkatkan produksi minyak

Untuk mengetahui pendapat seorang chief economist IEA, Fatih Birol,
silakan melihat terjemahannya di:
http://www.kombeng.com/utama/
index.php?option=com_content&task=view&id=221

Bagi yang memahami bahasa Inggris, silakan lihat di:
http://www.energybulletin.net/43604.html

Best Regards,
Rudyanto
Mari Hemat BBM, Ayo Nebeng!
Tinggalkan Minyak Sebelum Minyak Meninggalkan Kita

--- In Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com, "Agus
Hamonangan" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Laporan Wartawan Kompas, Wisnu Nugroho A
>
> http://www.kompas.com/index.php/read/xml/2008/05/05/13370568/
sby.ngaku.pusing.soal.harga.minyak

> JAKARTA, SENIN - Harga minyak mentah dunia yang jauh dari asumsi
APBN
> membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pusing tujuh keliling.
Harga
> [...]
barrel
> sehingga saya tidak pusing tujuh keliling. Namun, dua hari lalu
> harganya naik lagi," ujar Presiden dalam sambutan jamuan santap
siang
> bersama pimpinan media massa di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/5).
>
> Terhadap kesulitan pemerintah, Presiden berterima kasih kepada media
> massa yang mewartakan keadaan secara gamblang. Dengan cara itu
> Presiden berharap, apa pun yang dipilih pemerintah dapat dimengerti
> rakyat."Selalu ada risiko. Tetapi risiko itu harus diambil

Kirim email ke