Terima kasih, terima kasih.
Biarlah masa lalu menjadi catatan sejarah.
Tapi satu hal perlu dijelaskan - mungkin bagian dari biography saya
kalau saja siapa tau bisa diterbitkan.
Intinya saya "di pecat" dari TVRI intinya karena saya tidak pas dengan
Pak Harmoko. Saya sering dianggap mbalelo
dan menyaingi Pak Harmoko dalam popularitsa khususnya diantara teman2
Wartawan. Maklum waktu itu saya masih muda,
dan seneng sekali di wawancara.

Nah kepindahan saya ke TPI ada cerita lainnya. Alkisah tahun 1996,
setelah empat tahun di "parkir" di Litbang Deppen R.I. saya merasa jenuh
dan mau pindah ke kampus saja untuk sepenuhnya mengajar. Saya mengajukan
permohonan ke Pak Mentri harmoko untuk diizinkan pindah ke Dikti atau
kalau tidak yah status "cutiu diluar tanggungan"
Pak Harmoko menolak dan menyuruh saya Pensiun Dini. Saya berang dan
memutuskan untuk berhenti sebagai Pegawai Negri.
Saya brenti dan cari pekerjaan di Stasiun TV. Karena ngajar penuh di UI
harus Pegawai Negri.
Alkisah berikutnya saya ditawari bekerja di Tiga Stasiun: AN TV, SCTV
dan TPI. Saya minta advise ke Pak Prof. Sumitro Joyohadikusumo. Dia
adalah pejabat yang selalu menolong saya. Prof Sumitro mengirim saya
untuk sekolah TV di jerman tahun 1977 - 1978, tatakala beliau Memperdag.
Nasihat dia sangat bagus. "Kamu harus Pilih TPI, karena hanya Mbak Tutut
yang bisa memberi perlindungan kamu dari Harmoko. Kalau tidak dimanapun
kamu bekerja akan di kejar Harmoko. Kamu menjadi liability bukan asset
buat Stasiun TV itu. Saya masih nggak sreg. Dan bertanya ke Prof Dr.
Yuwono Sudarsono yang waktu itu Promotor Program S3 saya. Jawaban Prof.
Yuwono lebih masuk akal. "Sebaiknya Mas Is kerja di TPI. Karena TPI itu
adalah Televisi Pendidikan." . "Mas Is bisa berbuat lebih banyak disana
- mengingat pengalaman Mas Is yang lama di TVRI".

Itulah alasan saya kemudian memilih TPI, meski dengan tiga syarat yang
saya sampaikan kepada Sdr. Tito Sulistiao yang waktu itu menjadi
Managing Director TPI.
Tiga syarat itu adalah: (1). Saya tidak boleh diganggu dalam
kebijaksanaan Operasional TPI - khususnya oleh The Owner - dalam hal ini
Mbak Tutut. (2). Saya hanya mau bekerja selama dua tahun. Setelah itu
kita lihat lagi. Kalau berhasil - saya lanjut. Kalau gagal saya di
berhentikan. (3). Saya di gaji yang cukup agar tidak korupsi.

Dua syarat pertama segera di penuhi. Syarat ketiga menunggu tiga hari -
karena saya harus konsultasi dengan Istri saya dulu tentang APBN
Keluarga kami hehehehe.
Akhirnya saya kerja di TPI dan Alhamdullilah saya bekerja di TPI dan
merasa bahagia karena kembali ke dunia saya lagi setelah dipaksa
meninggalkannya oleh Mentri Penrangan selama empat tahun. Hehehehe. Mbak
Tutut dalam hal ini adalah seorang Bos yang baik hati. Tidak pernah
campur tangan dalam content dan proses produksi - sampai saya
meninggalkan TPI dua tahun kemudian - seperti yang saya janjikan.
Itulah bagian kecil dari perjalanan saya. Lumayan menarik kan.
Tapi biarlah itu menjadi bagian dari sejarah saja. Suapaya menjelaskan
berbagai pertanyaan yang meng ganggu..
Salam,

Ishadi S.K.