Barusan saya telpon salah satu pengurus KUM3:
"Assalamu'alaykum."
"Waalaykum Salam"
"Anda siapa?"
"Saya Ifham, Pak."
"Dari mana?"
"Masyarakat umum Pak, mau tanya tentang KUM3."
"Oh, maaf Pak saya lagi training, nanti silahkan telpon kembali sekitar jam 4."

Saya lihat KUM3 program yang bagus.

Akan sangat BERMAKNA sebagai "menomorsatukan kesejahteraan umat (bukan
menomorsatukan business/profit)" jika program KUM3 ini sudah ada sejak Bank
Muamalat lahir (1991/1992). Saya kok yakin kalau KUM3 ini lahir bukan sejak
1992. Jangan2 baru2 ini? Maaf nih kurang update, coba sosialisasinya kenceng
kan jadi tahu.

Alasan munculnya Fatwa Desember 2003 juga karena bisnis. Klo gak karena bisnis,
pasti sudah muncul ratusan tahun silam di Indonesia. Dan silahkan cermati Fatwa
DSN MUI nomor 1 - 75 tak satupun secara spesifik menyentuh pengentasan
kemiskinan, hak ekonomi aktif bagi orang faqir, juga kesejahteraan umat. Semoga
gak ada yang komentar bahwa Fatwa itu kan jawaban atas pertanyaan. Klo udah
jelas ya gak perlu fatwa, hehehe.. Jadi klo ada fatwanya berarti justru hal
tersebut ada dalam kondisi grey area?

Begitu juga dengan alasan didirikannya bank syariah. Saya cukup banyak
mengamati (tentu ketika saya on site di proyek pendirian bank syariah) bahwa
alasan nomor satu manajemen bikin bank syariah adalah bisnis. Boleh gak ngaku
kok. Bikin bank syariah PASTI akan diminta bikin Business Plan komplit dengan
proyeksi keuangan, pasti yang di otak manajemen adalah kapan BEP, dan bla bla
bla. PBI juga ngatur semuanya.

Tempo hari saya chat dg Direktur bank yang kebetulan belum bikin syariah.
Ketika saya tanya kok belum bikin syariah? Beliau jawab: "Ya, gak mau latah
ikut trend. Kan ada cost-nya juga kan Pak."

Adakah bank syariah ketika pertama kali didirikan yang dipikirkan adalah
seberapa banyak kaum faqir miskin yang kejangkau? Hmmm menurut saya kok gak
begitu. Ketika mo bikin bank syariah atau kantor bank syariah tuh yang dipikir
pertama kali adalah "ada marketnya gak ya?"

Silahken mau ngaku or enggak. "Ngaku" adalah awal dari membangun kredibilitas
positif.

Regards,
Ahmad Ifham