dear bu fatmah...
raja panipi termasuk salah satu raja batudaa yg melawan penjajah belanda.
bahkan menurut cerita kakek saya raja panipi itu kebal dengan peluru/benda
tajam/ apa saja dan termasuk salah satu yg di takuti dan disegani pada masa
itu baik oleh belanda maupun pribumi. jadi kalo tidak salah raja panipi
membawahi daerah batudaa. karena dulu gorontalo banyak kerajaan2 kecil.
contoh : kerajaan siendeng, biawu, padengo, batudaa,dsb. namun kalo bicara
penyebaran agama islam di gorontalo tidak lepas dari peran seorang sultan
amay. kalo bicara raja2 di gorontalo, haruslah bicara suwawa sebagai asal
mula dataran gorontalo. kalo menurut versi suwawa, polahi itu adalah orang2
yg meninggalkan kesenangan duniawi sementara dgn pergi dan menetap  di
puncak gunung atau di hutan utuk mencari ilmu kebatinan dan kanuragan dengan
cara bersemedi atau bertapa. makanya kaum polahi ini biasanya berilmu tinggi
dan memiliki kelebihan dari orang2 awan. kalo polahi yg di
paguyaman/tilamuta adalah suku primitif yg berasal dari orang2 yg melarikan
diri waktu penjajahan belanda. kalo ingin lihat polahi asli. datang saja ke
pegunungan suwawa. tapi hanya orang2 tertentu saja yg bisa bertemu dan mau
mereka temui. untuk referensinya datang saja ke desa pinogu...

mohon maaf kalo so salah ba wungguli....:D

BI ADITU PA AMA

VQ

2008/1/22, Fatmah Frieta Bobihoe <[EMAIL PROTECTED]>:

>   Assalammu'alaikum,
>
> sori nih telat kasih reaksi.. biassaa terlalu sibuk sama duniawi yg lain.
>
> Ngomongin soal POLAHI, kok cuma omongin Raja Biya n Raja Eyato aja.
>
> Ortu saya emang gorontalo asli (F. Bobihoe-Limboto n W. Datau-Issimu) tapi
> saya lahir n besar di Jakarta, dirumah kami ada lukisana yg dibuat seorang
> seniman dengan bantuan papa saya. Lukisan dari kakek buyut saya, disitu
> tertulis namanya Raja Panipi, Bobihoe. Kalau papa saya cerita, dia itu
> termasuk orang2 polahi gitu, dengan bangga saya selalu cerita tentang
> [...]

Kirim email ke