Fenomena perbedaan data memang lazim ditemukan..Hal
ini diakibatkan oleh adanya beberapa hal sebagai
berikut :
1. Perbedaan metode pengumpulan data yang
digunakan.Hal ini terutama berakitan dengan metode
sampling yang digunakan.
2. Perbedaan definisi indikator yang digunakan. Kasus
yang paling segar di ingatan kita adalah perdebatab
nebgenai data kemiskinan yang disampaikan oleh SBY.
Perdebatan seperti ini seharusnya dpt dihindari jika
definisi indikator yang digunakan diungkapkan secara
jelas. Mislanya versi world bank yang menggunakan
kriteria kemiskinan adalah penduduuk dengan pendapatan
dibawah 2dollar sehari. Versi BPS malah menggunakan
indikator 1dollar/hari..pendekatan lain yang biasa
dilakukan adalah jumlah kalori yang dikonsumsi setiap
hari.
3. Perbedaan teknik perhitungan yang digunakan. Sy
ambil contoh perhitungan jum;ah pohon di sebuah hutan.
dalam ilmu Statistika ekologi terdapat beberapa metode
diantaranya metode Hutan Poisson (memperkirakan jumlah
pohon)..Ada juga metode capture re-capture yang baisa
digunakan untuk memeprkirakan populasi hewan di dalam
hutan,dll. Perbedaan teknik perhitungan ini tentu saja
akan menghasilkan nilai yang berbeda.

kesimpulnnya. data berbeda lazim ditenui..Yng penting
qt harus paham metode, teknik dan definisi serta
indikator yang digunakan. Dan juga harus konsisten
dengan sumber data.
Demikian bang, penjelasan singkat dari saya..

Bobby Rantow Payu, S.Si

> [...]
> berbeda untuk satu
> obyek penelitian.  Menurut saya, ini fenomena klaim
> yang berbeda atas
> pengetahuan.
> luas hutan di
> Gorontalo, sekitar 7 tahun lalu, dimana luas hutan
> menurut Provinsi
> SUlut, berbeda jauh dengan data Bappeda Provinsi
> Gtlo, lebih berbeda
> lagi dengan data Dinas Kehutanan, dan sangat
> menyolok dengan data
> dari buku pembentukan provinsi.

> dengan data yang
> lainnya, supaya tidak terjadi interpretasi yang

0px;font-weight:bold;font-size:78%;line-height:122%;}

> helvetica,
> clean, sans-serif;}
> arial, helvetica,
> clean, sans-serif;}

padding-top:10px;font-family:Verdana;font-size:77%;margin:0;}

=== message truncated ===

Be a better friend, newshound, and