From: Richie Octavian <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: Bls: [GM2020] Apa Hukumnya Wanita Muslimah + tuhan to Lutfi and
Ustadz Sur
To: gorontalomaju2020@yahoogroups.com
Date: Friday, October 24, 2008, 3:35 AM

kalo bo ana penyembah atheis..

karna konsep tuhan itu adalah atheis sejati
karna tuhan tidak mengTuhankan sesuatu...
tuhan yang manakah itu? di al ikhlas ada

salam
satu2nya atheis sejati itu adalah tuhan

pisssssssssss

--- In gorontalomaju2020@ yahoogroups. com, Mansur Martam
<ibnulkhairaat@ ...> wrote:

> Om Lutfi yang lembut...
> Analogi Om sangat keliru. Sebab kesamaan Tuhan Om dengan Tuhan saya
terletak pada keimanan dan keyakinan. Adapun ka'bah menjadi kiblatnya
kaum muslim dalam shalat disebabkan ada perintah Allah dan Rasulnya
[Lihat; QS. al-Baqarah: 144]. Kalau saja, Allah memerintahkan kita
untuk berkiblat pada salib masing2 dirumah kita, maka tak ada kata
lain, selain tunduk dan patuh. Nyatanya justru kebalikan, melarang.
[Telaah, QS. al-Maidah: 116-117].

> Selanjutnya saya tuliskan buat Om perbedaan keyakinan kepada Tuhan,
antara orang Kristen dan orang Islam;

> GOD
> Christian Belief
> God is three gods merged into one God. This one God is called a
Trinity. However, to say that God is there is a blasphemy of the
highest order. All there parts of the Trinity are "coequal" "co-
eternal" and "the same substance". For this reason, this doctrine is
described as "a mystery".

> GOD
> Muslim Belief
> God is God in the most basic, simple, and elementary meaning of the
word. He has no children, no parents nor any equal. In Islam God is
known by the name "Allah" and more than 99 other venerated names,
such as "the Merciful", "the Gracious", "the All-Powerful" atc.

> Salam.
>

> --- Pada Jum, 24/10/08, lutfi Kobisi <ludien_kobisi@ ...> menulis:
> Dari: lutfi Kobisi <ludien_kobisi@ ...>
> Topik: Bls: [GM2020] Apa Hukumnya Wanita Muslimah Menikah dengan
Lelaki Kristen? to ustad mansur
> Kepada: gorontalomaju2020@ yahoogroups. com
> Tanggal: Jumat, 24 Oktober, 2008, 2:09 PM
>

> Emangnya tuhan islam sama kristen beda ya?
>
> Bukankah sama, si kristen berkiblat ke salip (patung) dan si islam
berkiblat ke kabah (batu)

> Hangat selalu,
> Lutfi

"Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka
beriman". Artinya secara umum laki-laki muslim haram menikah dengan
wanita non Islam sebagaimana wanita muslimah yang haram dinikahi oleh
laki-laki non muslim. Namun ada ayat yang mengecualikannya kalo ngga
salah Al Maidah ayat 5. Menurut pendapat kebanyakan ulama keharaman
menikahi wanita non muslim ini dikecualikan terhadap wanita dari
kalangan Ahlul Kitab (Yahudi dan Nashrani), yang mana sejak awal
wanitanya ini memeluk agama Yahudi atau Nashrani, bukan karena murtad.

> Tapi ada juga ulama menganggap makruh mengenai permasalahan ini.
Mereka merujuk sebagaimana kisah Umar Bin Khattab yang pernah
memerintahkan Hudzaifah untuk menceraikan istrinya yang beragama
Yahudi. Dan perkataan beliau yakni kalo ngga salah bunyinya seperti
ini "Allah mengharamkan menikahi wanita-wanita musyrik atas kaum
muslimin dan saya tidak tahu sebuah kesyirikan yang lebih dahsyat
dari wanita yang mengatakan bahwa Tuhannya adalah Isa, atau hamba
dari hamba Allah. Namun Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah menjelaskan
bahwa ada perbedaan antara syiriknya orang-orang musyrik dengan
syiriknya Ahlul Kitab, yakni kemusyrikannnya orang musyrik adalah
asli ajaran mereka, sedangkan kemusyrikan pada Ahlul Kitab adalah
bid'ah di dalam agama mereka.

> So... by default, Allah hanya membolehkan menikahi wanita Ahlul
Kitab, jika wanita itu wanita yang selalu menjaga kehormatannya,
selain itu hukumnya haram. Nah, saat ini yang perlu dipertanyakan itu
adalah masih adakah wanita yang murni ahli kitab??? atau Adakah
wanita Ahlul Kitab saat ini yang mampu menjaga kehormatannya? ??
Jangankan wanita Ahlul Kitab, wanita-wanita Muslim pun banyak yang
tidak sanggup menjaga kehormatan diri mereka yang bisa saja
disebabkan oleh profokasi wanita Ahlul Kitab. Logikanya... yang
terpengaruh aja sudah sangat parah keadaannya, bagaimana dengan yang
mempengaruhi.

> Adapun tentang teknisnya menikahi wanita Ahlul Kitab, sampai
sekarang ana tidak mendapatkan referensi yang menjelaskan tentang hal
ini. Yang ada hanyalah fatwanya MUI tentang haramnya menikah beda
agama.

> Mending kita lebih berhati-hati dalam masalah agama untuk
menghindari dosa...

> Wallahu'alam.
>
> 2008/10/23 VQ <pogambango@ gmail. com>

> sur,
>
>  satu yg masih mengganjal pa ana pe hati, kok ijab kabul di
samakan dengan akad jual beli. setahu saya ijab kabul adalah salah
satu ritual perkawinan yg sakral di mana kedua mempelai bersumpah
dengan kitab suci atas nama allah. sedang akad jual beli atas dasar
kepercayaan dan kebutuhan. nah loh, apakah orang nikah hanya karena
di dasari kepercayaan dan kebutuhan ? apalagi dalam akad nikah gimana
yg nasrani bisa mengerti dan meyakini ucapan kalimat dari penghulu
islam kalo agama dan keyakinan saja sudah berbeda?/
aduhhhhhhhhh. ..bingung men...tolong di perjelas supp..

id> menulis:

> Om VQ yang terhormat...
>

> Dipostingan pertama jelas bahwa saya sependapat dan setuju dengan
bolehnya lelaki muslim menikah dengan wanita kristen dan yahudi.
Karena memang ini pendapat mayoritas ulama. Tidak ada alasan kuat
yang mengharamkan pernikahan itu, selain hanya karena faktor
lingkungan dan karakter si wanita kristen dan yahudi, yang katanya,
tidak bisa dijamin lagi kesalahannya. Malah setelah menukil fatwa
mufti Mesir, saya menambahkan. Dan namanya juga mensarikan, sedikit
banyak saya tambahin atau kurangi, selama
> intisari dari tulisan itu tidak hilang. dan sengaja saya tuliskan
sumbernya, agar pembaca bisa merujuk kesana nantinya. Nanti kalau
saya balik, saya akan tunjukan buku-buku itu. Atau kalau mau pesan,
kirimi aja uang kesini. Nanti saya akan belikan buku yang bisa
menangkal dan menendang paham-paham liberal dan juga membendung paham-
paham fundamentalis. Ups, saya orangnya moderat, karena al-Azhar
mendidik kami menjadi kepala tidak dingin dan tidak panas. kayak air
lawo2. :)

> Jawaban:
> Pertama: ijab qabul dalam pernikahan sama halnya dengan ijab qabul
dalam transaksi muamalat. Dengan orang kristen dan yahudi kita bisa
transaksi jual
> beli. Coba perhatikan, redaksi akad nikah, ada yang kurang tidak?
> Kedua: Memilih calon isteri muslimah saja, kita harus hati-hati,
agar rumah tangga bisa bahagia, mawaddah dan penuh rahmat. Itu
artinya, penting memilih calon isteri yang baik dan salehah. Dan
kalau ada wanita kristen yang salehah zaman sekarang, saya siap
dinikahkan dengannya. ini sekaligus menjawab pertanyaan yang ketiga.

> Salam.
> Bi Aditu Pa Ama
>

> ---
> Pada Kam, 23/10/08, VQ <pogambango@ gmail. com> menulis:
> Dari: VQ <pogambango@ gmail. com>
>

> Topik: Re: [GM2020] Apa Hukumnya Wanita Muslimah Menikah dengan
Lelaki Kristen? to ustad mansur
> Kepada: gorontalomaju2020@ yahoogroups. com
> Tanggal: Kamis, 23 Oktober, 2008, 10:48 AM
>

> sur,
>
> apakah pendapat yg di sarikan itu mewakili pandangan pribadi mu
ataw hanya sekedar referensi ??
> soalnya saya pengen tanya :
> 1. kalo di bolehkan kawin beda agama, trus ijab kabul nya pake
agama apa ?? penghulunya dari agama apa ? karena prinsip ketuhanan
islam    dan  kristen beda

> 2.agama nasrani ketika jaman rasullulah kitab dan ajarannya masih
asli. jadi wanita2 nasrani pada jaman itu termasuk orang2 yg soleha.
nah, dengan kehidupan sekarang dan isi alkitab yg sdh di rombak sana
sini, bgmn pendapat anda ??

> [...]
>
> VQ

> Yahoo! sekarang memiliki alamat Email baru
> Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan
@rocketmail. br>
> Cepat sebelum diambil orang lain!

> --
> Salam,
> Suwito.
> blog : http://www.suwito. web.id
> ym : suwitopom
>

> Dapatkan alamat Email baru Anda!
>
> Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan sebelum diambil orang lain!

> Yahoo! sekarang memiliki alamat Email baru.

Kirim email ke