Tentang SFZ, dapat digolongkan dua pemikiran. Beberapa penulis sudah menduga bahwa SFZ
tidak berhenti di Teluk Semangko, baratdaya Lampung, tetapi memanjang sampai memotong
Palung Jawa di baratdaya Jawa Barat. Tetapi ada juga beberapa penulis yang
menghentikan SFZ cukup sampai Teluk Semangko saja. Maka riset laut-dalam sekarang ini
yang menemukan zone sesar 60 km selatan Pelabuhan Ratu membenarkan dugaan kelompok
penulis pertama dan mengoreksi kelompok penulis kedua yang menghentikan SFZ di Teluk
Semangko.
Sebenarnya, SFZ tidak memanjang ke perairan tenggaranya dengan mulus membentuk satu
PDZ (principal displacement zone), tetapi membentuk pola duplex strike-slip dan
stepping. SFZ diteruskan ke Ujung Kulon Fault Zone (UKFZ) dengan pola left-stepping
dari UKFZ ke SFZ, sehingga menghasilkan releasing splay di koneksi SFZ dan UKFZ yang
mengakibatkan pembukaan Selat Sunda dengan pola rifting utara-selatan. Dari UKFZ ke
selatan lagi, ini yang sedang diselami, polanya pun tidak mulus tetapi merencong (en
echelon) membentuk extension fracture. Pola ini ditemukan terus sampai sekitar 50 km
di utara Palung Jawa dan di situlah penerusan SFZ berhenti.
Yang menarik juga adalah penerusan barat Sesar Cimandiri yang dipotong oleh UKFZ.
Penerusan Sesar Cimandiri tetap berarah BBD-TTL seperti di onshorenya dan arah ini
tidak cocok ketika dicoba dianalisis dengan strain ellipsoid dextral dengan SFZ
sebagai principal displacement zone-nya. Buat saya, ini mengindikasi Sesar Cimandiri
lebih tua dari semua sesar besar di perairn Selat Sunda ini. Juga, membuat fenomena
baru : kemana sebenarnya trend Cimandiri Fault di onshore Jawa Barat. Apakah jalur
Pelabuhan Ratu-Sukabumi-Rajamandala-Majalengka, atau Pelabuhan Ratu-Sukabumi-lalu
belok tajam menuju Teluk Jakarta dan persis membatasi Blok Banten, atau memang belokan
tajam sesar besar itu lain dari Cimandiri Fault ?
Awang H. Satyana
 Rovicky Dwi Putrohari <[EMAIL PROTECTED]> wrote:Kalo memang akhirnya terbukti
keberadaan sesar ini, apakah ada teori baru, koreksi, atauhal lain yg akan bisa
diterangkan tentang SFZ ?

rdp