From: SYARIFUDDIN Noor [mailto:Noor.SYARIFUDDIN@;totalfinaelf.com]
Sent: Thursday, November 07, 2002 6:15 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [iagi-net-l] geolistrik

Syukur deh kalau memang kondisi hidrologinya sudah ter-peta-kan dengan
lengkap dan komprehensif. Jadi kita bisa sedikit berhemat.

Kalau jadi terbentuk, tim ini mungkin sekarang konsentrasi untuk
mengembangkan aplikasi tepat guna untuk proses exploitasi dan
distribusinya. Saya kurang paham, tapi mungkin bisa berkerja sama dengan

beberapa pihak BPPT, atau setahu saya Salman-ITB juga pernah
mengembangkan
pompa tepat guna yang sederhana dan memanfaatkan tenaga air itu
sendiri......

Sementara mungkin tidak usah berpikir skala besar-besaran model PAM atau

yang lain.....Kalau kita bisa bikin pilot project di satu kelurahan
saja,
mudah-mudahan bisa menstimulir pihak lain untuk mengembangkan hal yang
sama........dan akhirnya project kecil-kecil ini bisa di-cluster untuk
menjadi satu jaringan yang lebih besar....

Atau kita sudah menyerah dan tidak punya harapan lagi untuk
saudara-saudara kita itu....? Dan kita hanya bisa melihat mereka harus
berjalan 5-10 km hanya untuk sejerigen air....?