Katanya (baru katanya ni...), Educational Bonus dari penandatanganan kontrak migas
pada saat ini dikelola oleh Divisi Umum di BP Migas bekerja sama dengan Migas, tetapi,
sebagai catatan, belum seluruh penandatanganan kontrak baru bonusnya sudah keluar, itu
masih harus ditagih-tagih, termasuk bonus yang lain seperti signature bonus dan
equipment bonus. Educational Bonus pernah dipakai untuk beasiswa sampai konsorsium ke
LN, juga untuk kursus-kursus yang lain seperti IWPL Migas. Saya dengar dana itu
sekarang stagnant...entah kenapa. Sekarang BP Migas sedang direstrukturisasi,
mendayagunakan educational bonus untuk mencerdaskan anak bangsa harusnya menjadi
bagian dari restrukturisasi ini. Mengusahakan agar program-program TSA (technical
service from abroad) yang diajukan KPS2 sebagian diubah agar dilakukan oleh perguruan2
tinggi dalam negri adalah salah satu usaha lain untuk pemberdayaan potensi bangsa, dan
ini sudah berjalan.
Kalau ada expert ikut field-trip ya itu di-cost recovery juga sebab itu menjadi bagian
budget biaya training yang secara tahunan diajukan ke BP Migas.
Salam,
Awang H. Satyana
Eksplorasi BP Migas
 Ariadi Subandrio <[EMAIL PROTECTED]> wrote: penamaan2nya suka
berganti-ganti sih, kadang IWPL, saat tertentu KKSK, entah
apa lagi. Mungkin kawan-kawan di BP Migas atau MIGAS yang paling tahu dan
valid menjelaskan tentang informasi keberadaan, berputar serta
penggunaan2nya berbagai bonuses dari suatu contract area concession.

kadang terlihat juga adanya expert yang dikontrak KPS tapi masih ikutan
kursus-kursus atau Field Trip/Course dengan biaya company, kalo seperti itu
expert bukan ya. Kalo ikutan kursus gitu masuk cost recovery gak ya?

lam-salam,
ar-.