Untuk batubara sebagai penyuplai sumber enegy, apakah juga memerlukan sertifikat untuk
menjaga kelanggengan supply. Seperti Gas (LNG) sering diminati sertifikat oleh pembeli
gas (bukan pembeli konsesi), maksudku bukan hanya untuk keperluan listing, saham
(stock) ataupun pinjam uang di bank ?

Sepertinya karena sertifikat dikeluarkan utk dipegang perseorangan, maka hal ini
impaknya cukup bagus, ketimbang dikeluarkan oleh sebuah badan/institusi swasta
sekalipun (seperti DMG di minyak). Sepertinya cara ini yang mendorong banyaknya
geologist di mining yg berprofesi sebagai konsultan lepas (certified consultant
geologist).

Adakah geologist Indonesia yg sudah mempunyai sertifikat/kualifikasi utk menjadi
accessor ?

rdp