ini pendapat saya (supaya diskusinya lama dan bisa istirahat kalau di
lapangan):

- daripada pusing-pusing, saya cenderung beranggapan bahwa semua channel
sandstone di mahakam adalah autocyclic (tidak ada incised valley atau pun
allocyclic unconformity di deltaic environment mahakam).

                      "Rovicky Dwi

                      Putrohari"               To:       [EMAIL PROTECTED]

                      <[EMAIL PROTECTED]        cc:

                      l.com>                   Subject:  Re: [iagi-net-l] Incised
Valley, Fluvial
                                                Channel, Distributary Channel

                      06/26/2003 02:53

                      AM

                      Please respond to

                      iagi-net

Thanks koreksinya Pak Hasan,
Makanya kemaren incised-nya aku kurungin karena saat lowstand 'tidak
selalu'
terjadi incision di shelf area, ini percis dulu dibilang G Allen dan Henry
P.

Kalo kembali ke problem awal yg aku tanyakan yaitu.
Saya akan mencari atau "picking" di sumur-sumur (well log) utk menentukan
unconformity, yang "dipercaya" ada karena adanya data lain .... dalam hal
ini 2D seismic (yg kurang bagus resolusinya) sehingga yg keluar dari
seismic
hanyalah range/uncertainty (30-50 meter) karena velocity surveynya juga
ngga
tersedia atau kurang lengkap. Tetapi saya tentunya tetap harus menentukan
dimana uncv. ini dalam sumur tsb.

Tentunya aku menggunakan beberapa sumur (korelasi), kalau hanya satu sumur
aku setuju Denbagus Pandito ... boleh dibilang 'nonsense' atau hal yg
mustahil :(
Namun yg ada disini sumurnya seabreg!!, tetapi penarikan batas ini menjadi
kruisial ketika harus ditentukanberdasarkan data sumur yg ada, karena
rendahnya resolusi seismic. Saya sering menggunakan buku AAPG ttg korelasi
well log dg seq strat yg isinya sungguh ideal ... namun di Mahakam ini yg
dibilang ideal delta kok malah mbulet yak .. :(

Sepengetahuan yg saya punya --> Unconformity "biasanya" (?tidak selalu)
ditandai dengan erosional base .... terutama utk shelf area.
Erosional base ini "mudah" dilihat atau seringkali dilihat seandainya ada
channel sand. Namun kesulitan saya ya membedakan mana yg distributary
channel mana yg fluvial channel ?.
Karena asumsinya fluvial channel lebih menandakan batas atau unconformity,
maka aku tentunya perlu membedakankeduanya.

Incision ? --> Di Mahakam ini mungkin sulit menemukan incision hanya dengan

data sumur..... perlu keberanian :) Dalam hal ini seismic malah sering
membantu karena dimensinya lebih besar. Kenampakannya akan dapat
diperkirakan/diinterpretasikan dengan seismic. Walopun aku masih sering
kesulitan membedakannya dengan "Huge Scouring" atau "block glide" semacam
nendatan (tipe gerakan tanah dalam kuliah morfologi) kalao berada di
pingggir shelf". Dalam skala yg lebih besar lagi nendatan ini disebut
Outershelf grouth fault .... yg ada di delta Baram dan Meksiko. Yang
merupakan akibat gravity force.

Kalau kebetulan emang disekitar +-30 meter (uncertainty dari seismic) itu
ngga ada sandy package, yg dapat diinterpretasikan sebagai channel, ya aku
sambil "merem" saja ngepick di sumurnya :)
bener-bener "arm waving" .... angkat tangan .... :(

RDP
"sekarang malah bertanya-tanya ... apakah saat highstand bisa ada
unconformity juga ?"

>From: "Hasan Sidi" <[EMAIL PROTECTED]>
>To: <[EMAIL PROTECTED]>
>Subject: [iagi-net-l] Incised Valley, Fluvial Channel, Distributary
Channel
> [...]
>membedakannya tidak bisa hanya dengan well-log semata (agree dg Pandito).
>Integrate dengan data lain sehingga punya gambaran 3D atau malah 4D yang
>lebih luas (tidak harus via seismic; banyak well-correlation juga bisa
>membantu). Kalau di Mahakam misalnya, mungkin bisa bawa candidate IVF tsb
>ke basin margin sehingga lebih "kontras" timbang di depocenter. Lihat
>perkembangan paleogeography-nya throughout time disekitar interval yang
>anda curigai.
>
>Moga-moga membantu, tidak hanya arm waving ...

Komisi Sedimentologi (FOSI) : F. Hasan Sidi([EMAIL PROTECTED])
-http://fosi.iagi.or.id
Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin([EMAIL PROTECTED] atau [EMAIL PROTECTED]),
Arif Zardi Dahlius([EMAIL PROTECTED])

Confidentiality Notice : This e-mail  and  any attachments  are
confidential  to  the addressee and may also be privileged.  If  you are
not  the addressee of  this e-mail, you may not copy, forward, disclose or
otherwise use it in any way whatsoever. If you have received this e-mail by
mistake,  please  e-mail  the sender by replying to this message, and
delete the original  and any print out thereof.