Rasanya ada definisi baru nih (atau kelirumologi...). Bagaimana menerjemahkan precious
stone dan gemstone ke dalam bahasa Indonesia ? Batumulia ? Batupermata ?Padahal dari
penjelasan di bawah ini kelihatannya berbeda. Sebuah definisi bilang : "precious or
semiprecious stones cut or polished for use in jewellry are called gems. Most are
minerals. Some, such as  amber, coral, and pearl come from living or once-living
things" Ke dalam definisi ini maka masuk juga intan dipotong dan digosok.

Sedangkan akik adalah terjemahan dari agate (seperti giok untuk jade), dan agate
adalah contoh gemstone.

Suseki dan lucky stone (batu keberuntungan), saya yakin, harus diinterpretasi
melihatnya. Ini mirip bentuk apa ya, ini mirip gambar siapa ya, atau ini tulisan apa
ya...

Salam,
Awang

Rovicky Dwi Putrohari <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>Bagaimana ceritanya Dinner Talk IAGI Kalimantan ini??
>Apakah ada rekan-rekan Kalimantan yang berkenan melaporkannya untuk kita
>semua?

Mungkin karena kekenyangan atau ngantuuuk soalnya diskusinya sampai malem ...(jam
10.30 malam ... serius nih !! :) sampek paginya lupa ..
Dinnernya sendiri sih cukup OK,

Ada beberapa point yg aku inget terutama soal perbatuan ini yang ternyata ada beberapa
macamnya :
- Precious Stone, termasuk intan, ruby zamrud dll
- Gemstone (batu mulia) yg dikenal satu kata saja --> AKIK !
- Lucky Stone ... nah ini batu yg kalo digosok muncul tulisan atau gambar-gambar lucu
:)
- Suseki ... ini ttg bebatuan yang disukai karena bentuknya yang telah
"diukir/dipahat" oleh alam/proses alam. Termasuk kristalnya juga.
- Selanjutnya ya ... soal mistik serta "batu yang berkhasiat" Kalao yg ini termasuk
"pengobatan dengan kristal".
- ...
- ...

Nah yg dikemukakan pak Miko terutama AKIK. Dimana konsen beliau mulai dari
"eksploitasi bahan mentah" yg diekspor ke LN. Hingga pengolahan dan pemasarannya yang
menurut survey beliau 58% orang Indonesia ini suka dengan batumulia ...:) anda juga,
kah ?

Presentasi Pak Miko (Sujatmiko) berkisar ttg bagaimana eksploitasi bahan mentah
Gemstone yg diekspor sapai bertruk-truk.
Pak Miko sangat menyayangkan hal ini karena bahan mentah ini bisa menjadi bahan/benda
yag kalau diproses sederhana saja bisa berlipat-lipat harganya ... selain itu banyak
daerah-daerah yang mempunyai potensi "cagar alam bahan akik" terutama "petrified wood".
Bahkan ada yg pengekportannya disaksikan oleh bupati lengkap dengan media massanya....
menyedihkan! kata bliaow.

Proses pengolahannya sendiri bisa mulai sangat murah hanya modal Rp 50 000. saja
hingga Rp 40 jt. Nah proses yg sederhana ini kalau anda menemukan Lucky Stone dengan
tulisan arab ... ini yg sering laku keras. Juga ada yg bergambar "Madona" .... dan ini
jelas ngga bisa dibikin makanya disebut "Lucky stone".

Nah pemasarannya. Menurut beliau pasaran dalam negeri sudah cukup banyak. Namun
disayangkan hanya ada 5 Pasar AKIK di Indonesia yaitu Pasar Kebon Sayur - Balikpapan,
Martapura, Batuceper-Jakarta, Surabaya, Malabar-Banjarmasin) ... ini jelas kurang dong
ya.

Nah akhirnya diskusi ngobrol ruame sampai ngelantur hingga pukul 10.30 malem. Yang
hadir sepertinya lebih dari 50 orang termasuk si pedagang AKIK dari Pasar Kebon-sayur.

Dan diakhir acaranya Pak Miko justru memberikan kenang-kenangan kepada tiga orang yg
hadir. .... Namun salah satu penerima esok harinya aku lihat berjalan dilorong kantor
sendirian ... aku juga heran ... eh ngga taunya batu yg dipakai adalah batu yg
dipercaya sebagai "penolak setan" !!
Jadi yg mana setannya yah ... :)

hef e nais whiek en ..

Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin([EMAIL PROTECTED] atau [EMAIL PROTECTED]), Arif
Zardi Dahlius([EMAIL PROTECTED])