Sepengetahuan saya di dunia pertambangan mineral (salah satu contoh diluar
perminyakan) , untuk dapat memberikan suatu pelaporan  cadangan bahan
tambang secara tepat/akurat ke publik diperlukan garansi seseorang dengan
latar belakang tertentu (JORC standard) . Orang tersebut sering disebut
sebagai 'competent person' dan kalau tidak salah, salah satu
persyaratannya adalah dia harus member dari AUSIMM dengan pengalaman
sekian tahun + ...+.....

Yang jadi pertanyaan saya apakah model /role seperti hal diatas juga
merupakan contoh kegunaan sertifikasi geologis perminyakan di Indonesia
pada saat ini ataukah lebih seperti semacam standarisasi keahlian saja.
Kalau standarisasi keahlian tentu saja menurut saya akan jauh berguna
untuk geologis perminyakan yang bekerja dengan sistem konsulting atau
berbasis proyek

Maaf kalau pertanyaannya relatif 'basic' dan ditunggu pencerahannya dari
rekan-rekan  IAGI (terutama yang berkecimpung di sertifikasi bidang
perminyakan)

salam
rahmat
2155

"Rovicky Dwi Putrohari" <[EMAIL PROTECTED]>
11/10/2003 11:48 AM
Please respond to iagi-net