Pak Awang,

Menarik memang membandingkan Obi dan Banggai - Sula, saya tidak ikutkan
Bacan karena sepertinya perbedannya cukup signifikan dengan Obi (agak
melebar nih.....). Persamaannya mereka sama-sama dijalur (ditransfer oleh)
Sorong Fault, cuma Banggai-Sula berada didepan dan menghajar "Sulawesi"
duluan sedangkan Obi berada diurutan belakangnya. Perbedaanya yang cukup
signifikan adalah volcanic (dan intrusives?) rocks di Obi berumur Miosen
sedangkan di Banggai-Sula lebih tua lagi (Cretaceous... kalau gak salah).

Saya pernah nulis ttg volcanic rocks di Obi untuk PIT IAGI 1998. Data whole
rock analysis menunjukkan kalau volkanik-nya adalah calc-akaline (andesitik
to basaltik). Lava bantal, hyaloclastite, dan peperite banyak sekali
dijumpai disamping sheeted lava dan pyroclastics. Kesimpulan saya waktu itu
volcanic rocks ini adalah produk busur magmatik (subduction zone). Tapi
subduction yang mana? Soalnya subduction zone yang di Halmahera (umurnya
Miosen juga??) seharusnya berhenti di selatan Bacan terpotong oleh Sorong
Fault.  Yang paling logic, volcanic rock di Obi merupakan produk busur
magmatik "entah darimana" yang tertransfer oleh Sorong Fault. "Entah
darimana" ini kemungkinan adalah di sekitar Kepala Burung Irian atau bahkan
Yapen. Menariknya lagi, pulau ini disusun oleh segala jenis batuan
(metamorf, beku termasuk ofiolit, dan sedimen), cocok sekali untuk kuliah
lapangan, sayang pencapaiannya super susah (sekitar 1995-an).

Untuk Bacan agak lain, karena kemungkinan volcanic disana masih merupakan
produk dari Halmahera Arc.

Pertanyaan yang tersisa untuk Halmahera (pertanyaan Pak Gumilar juga) adalah
bagaimana ceriteranya ofiolit bertengger di lengan NE dan SE Halmahera.

Salam - Daru