Kalau bicara tentang pengenalan ilmu geologi (mis untuk anak SMA ) umumnya
materi geologi dasar cukup banyak dimasukkan ke dalam pelajaran
geography....
Pelajaran geography merupakan pelajaran wajib untuk A1 dan A2....( saya
kurang tahu dengan A3).
Dalam pelajaran geography itu banyak dikenalkan jenis batuan,  bagian -
bagian bumi, termasuk jenis - jenis sesar dsb.....
Untuk itu memang yang banyak menulis tentang geologi lebih banyak orang
geography.
Nah kenapa buku geology pengenalan itu kurang laku...? ya mungkin karena
pangsa pasarnya "tanggung"...
Untuk mahasiswa kurang "berisi" , untuk anak SMA enggak dipakai di sekolah
karena  memakai buku geography...

Mungkin ada yang bisa lebih menerangkan apa beda geography dan geology
...karena saya melihat kok sekarang banyak overlapnya  terutama dalam hal
GIS dan perencanaan lingkungan....
apakah geology bergerak di subsurface dan geography di surface....?

Regards

Ferdinandus Kartiko Samodro
TOTAL E&P Indonesie Balikpapan
DKS/TUN/G&G