kalau sudah pernah dipostingkan..delete saja

Bisnis & Investasi Selasa, 21 Desember 2004

UU Kelistrikan dan UU Migas

Dr Kurtubi

PENCABUTAN UU Kelistrikan Nomor 20 Tahun 2002 oleh Mahkamah Konstitusi
karena beberapa pasalnya dinilai bertentangan dengan Pasal 33 UUD 1945
telah menimbulkan shock beberapa pihak karena ketidaksiapan menerima
putusan MK tersebut. Padahal, proses judicial review atas UU No 20/2002
yang diajukan oleh beberapa komponen masyarakat tersebut telah
berlangsung cukup lama. Bahkan, pihak MK telah menggelar beberapa kali
sidang terbuka dan telah pula mendengar keterangan dari berbagai pihak,
termasuk pemerintah dan para ahli.

AKAN tetapi, karena menurut sistem ketatanegaraan yang disepakati
bersama bahwa keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan keputusan
yang final dan mengikat, seyogianya semua pihak dapat menerima keputusan
 itu dengan legowo. Harus menyadari bahwa itu merupakan keputusan yang
terbaik buat bangsa ini, sekaligus merupakan peringatan bagi semua pihak
 di dalam membuat undang-undang agar tetap memerhatikan secara saksama
ketentuan di dalam konstitusi, terutama yang menyangkut barang yang
menguasai hajat hidup orang banyak. Pasalnya, aturan dasar bagi barang
yang menguasai hajat hidup orang banyak secara tegas telah diatur di
dalam Pasal 33 UUD 1945.

Ketentuan konstitusi itu mengharuskan kita lebih waspada dan berhati-hati
 di dalam mengadopsi sistem dari mana pun, termasuk dalam rangka
mengadopsi agenda Konsensus Washington bagi liberalisasi industri
kelistrikan nasional. Terlebih hingga saat ini tidak semua liberalisasi
kelistrikan yang sedang dan telah dilakukan di dunia akan menguntungkan
rakyat. Dalam arti, tidak semua liberalisasi kelistrikan menghasilkan
harga listrik yang lebih murah jika dibandingkan dengan sebelum
liberalisasi. Bahkan yang sering terjadi justru sebaliknya, harga
listrik meningkat setelah liberalisasi, seperti di California, Swedia (Ferdinand
 Banks, 2003).

Untuk mendapatkan jaminan agar harga listrik tidak naik setelah
liberalisasi, banyak pihak di Amerika Serikat mengusulkan agar di dalam
UU Liberalisasi Kelistrikan perlu dicantumkam pasal mengenai manfaat
dari liberalisasi bagi rakyat berupa ketentuan agar harga listrik harus
lebih rendah setelah liberalisasi. Jelas, permintaan seperti ini sulit
untuk dipenuhi karena tidak ada satu pihak pun yang berani menjamin
bahwa harga listrik di sisi konsumen akan menjadi lebih murah setelah
liberalisasi. Kendati secara teori, pasar persaingan dengan banyak
pemain akan menghasilkan barang dengan harga murah dan kualitas yang
tinggi.

Hal ini merupakan salah satu kendala mengapa hingga saat ini sebagian
besar negara bagian di AS masih belum mau melaksanakan liberalisasi
kelistrikan, di samping masih sulit melepaskan diri dari sindrom
kegagalan liberalisasi kelistrikan di California. Menurut Majalah Energy
 Market, Juni 2004, di AS baru beberapa negara bagian yang telah
melakukan liberalisasi (Texas, Illinois, Pennsylvania, Massachussets,
Connecticut, New Jersey, Maryland, Virginia, Ohio, dan Michigan).

Sementara sebagian besar hingga saat ini masih belum melakukan
liberalisasi, bahkan masih belum meloloskan UU Liberalisasi Kelistrikan-nya,
 seperti terjadi di: Colorado, Washington, Idaho, Utah, Wyoming,
Nebraska, North Dakota, South Dakota, Kansas, Indiana, Kentucky,
Tennessee, Alabama, Georgia, South Carolina, North Carolina, Vermont,
Minnesota, Iowa, Missouri, Mississippi, Louisiana, Florida, Oregon,
Nevada, New Mexico, Oklahoma, Arkansas, West Virginia, Alaska, dan
Hawaii.

PENGALAMAN liberalisasi kelistrikan masih belum cukup meyakinkan untuk
ditiru. Hal itu terbukti karena masih sulit untuk memperoleh efisiensi
yang optimal. Liberalisasi ternyata menimbulkan biaya transaksi yang
tinggi sebagai akibat penerapan prinsip unbundling (pecah-belah) yang
diperparah oleh kerugian akibat skala usaha yang harus dikorbankan.

Pasalnya, listrik dan juga komoditas yang menguasai hajat hidup orang
banyak lainnya ternyata mempunyai perilaku ekonomi yang berbeda dengan
komoditas ekonomi lainnya, seperti pecel lele, mobil, telepon genggam,
biskuit, jasa angkutan udara. Di mana semakin banyak pemain, jenis, dan
merek yang semakin bagus karena rakyat akan diuntungkan. Sebab harga
akan turun, sedangkan kualitas akan meningkat.

Sejalan dengan proses judicial review dari UU No 20/2002, saat ini MK
juga sedang melakukan judicial review UU Migas No 22/2001. Substansi
yang dipermasalahkan dari UU Migas ini adalah sama dengan UU kelistrikan,
 yakni adanya benang merah yang sama-sama menerapkan Konsensus
Washington, yakni liberalisasi dengan menerapkan prinsip unbundling dan
berusaha menghilangkan peran negara.

Di UU Migas, masalah Kuasa Pertambangan (KP) sebagai wujud Kedaulatan
Negara atas sumber daya alam migas ternyata tidak secara tegas diatur
sebagaimana halnya di UU No 8/1971. Bahkan, ada kecenderungan KP di
dalam UU Migas, setelah diperoleh oleh pemerintah dari negara
berdasarkan Pasal 4 Ayat (1) dan Ayat (2), ternyata malah oleh Menteri
Energi dan Sumber Daya Mineral diserahkan kepada pelaku usaha melalui
Pasal 1 Angka 5 dan Pasal 12 Ayat (3).

Selain itu, komoditas BBM yang merupakan produk yang menguasai hajat
hidup orang banyak yang hingga kini belum ada substitusi yang memadai
pengaturannya, termasuk penetapan harganya (Pasal 28), sepenuhnya
diserahkan kepada pasar. Padahal, dalam praktiknya hingga saat ini semua
 negara masih ikut campur menentukan harga jual melalui mekanisme pajak
BBM (hingga mencapai 400 persen), sekaligus sebagai alat implementasi
Kebijakan Energi Nasional-nya.

Selain itu, UU Migas ternyata membahayakan kepentingan nasional karena
jaminan atas kontrak production sharing (KPS)/kontrak kerja sama telah
diperlebar. Awalnya dari hanya dijamin oleh aset BUMN (Pertamina)
sebagai penanda tangan kontrak di dalam pola hubungan perusahaan ke
perusahaan (B to B) dengan pihak perusahaan minyak asing. Kini kontrak
diubah dengan jaminan seluruh aset pemerintah di dalam pola hubungan
perusahaan dengan negara (B to G). Karena yang menandatangani kontrak
dari pihak Indonesia saat ini adalah BP Migas, yang merupakan bagian
dari pemerintah.

IIMPLIKASI ekonomi dari kehadiran lembaga BP Migas sangatlah merugikan
keuangan negara karena BP Migas bukan merupakan entitas bisnis maka
konsekuensinya BP Migas tidak berhak untuk melakukan kegiatan bisnis,
termasuk kegiatan menjual minyak dan gas bagian negara yang berasal dari
 para KPS. Dengan demikian, untuk menjual minyak dan gas tersebut, BP
Migas harus menunjuk pihak ketiga. BP Migas tidak bisa bernegosiasi
bisnis dengan pembeli langsung, sehingga harga jual tidak optimal. Di
sisi lain negara harus membayar fee kepada pihak ketiga yang ditunjuk!
Ketentuan ini telah membuka peluang bisnis bagi para perantara/oil
traders atas biaya negara.

Lebih parah lagi, dalam mengembangkan dan menjual LNG Tangguh ternyata
BP Migas malah menunjuk British Petroleum (BP). Padahal, BP diketahui
punya share di Australian North West Shelf LNG yang merupakan pesaing
LNG Tangguh dalam merebut pasar Guangdong, selain BP juga mempunyai
share di receiving terminal di China. Faktanya, LNG Tangguh "kalah" di
Guangdong dan mendapatkan "ganti" ke Fujian dengan harga jual yang
supermurah, yakni maksimal dengan harga sekitar 2,66 dollar AS per MMBTU
 yang dikaitkan dengan harga minyak mentah maksimal 25 dollar As per
barrel, untuk masa 25 tahun.

Harga jual (dalam nilai kalori) yang lebih rendah dari harga jual minyak
 tanah bersubsidi yang dibeli oleh rakyat miskin di Indonesia telah
menimbulkan dampak ikutan yang negatif. Para pembeli LNG Badak yang
berasal dari Jepang menuntut penurunan harga LNG Badak yang mereka beli
dengan menunjuk harga jual LNG Tangguh ke Fujian yang lebih rendah
sekitar 40 persen dari harga LNG Badak. Padahal, saat ini diketahui
demand LNG dunia terus naik sehingga Indonesia kesulitan mencari LNG di
pasar spot guna mengganti penurunan LNG Arun.

Kalau harga ke Fujian merupakan harga LNG termurah di dunia, dan
tuntutan para pembeli Jepang dipenuhi, tak ayal lagi bahwa ini merupakan
 bentuk nyata kerugian keuangan negara dari sistem yang dikembangkan
oleh UU Migas. Belum lagi investasi migas yang anjlok dalam lima tahun
terakhir sebagai akibat UU Migas yang dibarengi dengan penurunan
produksi crude dari sekitar 1,4 juta barrel per hari (bph) pada tahun
1998 menjadi hanya sekitar 1,0 juta bph pada tahun 2004. Sementara itu ,
 biaya produksi membengkak dari sekitar 2,3 miliar dollar AS pada tahun
1998 menjadi sekitar 3,9 miliar dollar AS per barrel pada tahun 2004.

Pasal 31 UU Migas telah mengubah iklim investasi migas secara drastis
menuju kehancuran industri migas nasional. Betapa tidak, selama lebih
dari 30 tahun atas dasar UU No 8/1971, investor migas selalu dibebaskan
dari segala pajak dan pungutan selama dalam tahap eksplorasi (mencari
migas). Setelah mereka menemukan cadangan migas dan berproduksi, barulah
 mereka dibebani berbagai jenis biaya. Cara ini dinilai sangat fair,
tetapi dengan UU Migas, investor harus membayar PPN, pajak impor,
berbagai pungutan lainnya meskipun belum menemukan migas. Akibatnya,
hingga saat ini soal pajak semasa eksplorasi menjadi persoalan yang
nyaris mustahil untuk bisa dipecahkan selama UU Migas masih berlaku.

DENGAN demikian, kalau lah MK akan mencabut UU Migas, industri migas
nasional akan menjadi lebih efisien dan menguntungkan semua pihak,
termasuk investor. Oleh karena itu, hubungan dengan investor akan
kembali ke pola B to B, proses investasi akan lebih simpel, pengurusan
alat-alat untuk keperluan industri migas di Bea dan Cukai akan lebih
cepat.

Penghapusan pajak semasa eksplorasi, penjualan migas bagian negara akan
menjadi lebih optimal, BUMN tidak perlu di pecah-pecah sehingga menutup
peluang penjualan Kilang Balikpapan atau Kilang Cilacap, seperti yang
dikehendaki oleh Bank Dunia. Biaya pokok BBM yang dibutuhkan rakyat akan
 selalu lebih rendah dari harga BBM sistem unbundling, otonomi daerah
sama sekali tidak dihambat oleh UU No 8/1971 karena tak mungkin akan
merugikan daerah penghasil dengan membebankan biaya di luar lapangan
migas yang bersangkutan.

Kalau UU Migas dicabut, pemerintah perlu segera mengeluarkan PP dan
keppres yang sejalan dengan keputusan MK, sekaligus untuk menyempurnakan
 UU No 8/1971.

* Penulis Pengajar Program Pasca Sarjana FEUI, bekerja di Pertamina.
Tulisan ini merupakan pendapat pribadi