Fakta yang terjadi di Malaysia :
20 orang PE, dan 10 orang G&G dalam bbrp bulan terakhir mengundurkan dir
dan pergi ke ME. Dan dari daftar list yang beredar, puluhan lagi dalam
daftar tunggu ( termasuk bbrp Phd produk asli Petronas).

Artinya adalah : Untuk mengejar target kumpeny th 2010, Petronas akan akan
tetap merekrut orang luar untuk mengisi kekosongan yang ada, dan market
yang terdekat adalah Indonesia ( slot untuk tahun 2006 adalah 200 orang,
termasuk G&G, PE/RE dan Drilling ).

1 minggu yang lalu, saya kebetulan diikutkan dalam rombongan kontingen
Exploration Department, Petronas Carigali, utk ketemu dan dialog langsung
dengan Hassan Marican ( CEO, Petronas HQ ).
Pertanyaan pertama adalah tentang exodus besar2-an orang2 sub-surface -
malaysian ( G&G, PE/RE, Drilling dsb ) Petronas ke negara2 di Middle East.
Jawaban dari CEO yang membuat CEO Petronas Carigali garuk2 kepala adalah
sbb : " I will never stop people from leaving, just goooo..., good luck,
and dont come back. And as long as I stand here, as Petronas' CEO,  I will
never let these people come again to the organisation".

Apakah ini juga menjadi penyebab langkanya geoscientist di Indonesia ?

Sekedar sharing, Adi T

|---------+--------------------------->
|         |           "Bambang Murti" |
|         |           <[EMAIL PROTECTED]>|
|         |                           |
|         |           06/10/2005 08:58|
|         |           AM              |
|         |           Please respond  |
|         |           to iagi-net     |

  |        To:      <iagi-net@iagi.or.id>
                                                 |
  |        cc:
                                                 |
  |        Subject: RE: [iagi-net-l] kok susah banget nyari geoscientist???

Concern-nya satu Min, bisa masuk cost recovery ndak kalau mbayar
konsultan local pake US$?