On 10/7/05, Noor Syarifuddin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> gampang kok Vit....
> pertanyan dasarnya: berani bayar berapa...? tuh Rovicky yang "kepaksa"
> merantau di Ke eL udah pengin pulang dari dulu....
===
On 10/7/05, Noor Syarifuddin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> gampang kok Vit....
> pertanyan dasarnya: berani bayar berapa...? tuh Rovicky yang "kepaksa"
> merantau di Ke eL udah pengin pulang dari dulu....

Wah bener kang Noor .... aku aja kesulitan nyari kerjaan di Jakarta
looh ... makanya heran ada yg sulit cari GGE :)
serius nih ... ada ngga yg siap menampung saya ?

<serius on>

Terus terang saja saya agak kecewa di Jakarta kemaren sewaktu
mengikuti IPA. Sepertinya memang yg di Jakarta "belum siap" untuk
menampung Geoscientist yg saat ini hengkang di KL. Saya sempet
berdiskusi dengan beberapa orang di JKT wektu itu. Memang sih banyak
yg mencari GGE di Indonesia, tetapi saya ragu kesiapannya.

Dulu memang saya menyarankan temen-temen Geoscientist dan Engineer
(GGE) ini utk "jalan-jalan" di KL dan sekitarnya selama 2-3 tahun
saja. Terutama untuk dua hal alasan utama yg pertama mencari
pengalaman, karena banyak perusahaan termasuk yg besar di Jakarta
sudah jarang atau sangat membatasai pengiriman geoscientistnya ke
"head office"nya (assignment, Cak Noor ini termasuk beruntung bisa
menikmati assignement ke Prancis nih:). Sehingga saya menyarankan
mereka untuk mencoba sendiri saja melamar langsung perusahaan di LN
dan kebetulan Petronas yg gencar2nya mencari GGE, wektu itu saya
sempat membuat evening talk di Tamnak dengan Mas Syaiful utk bercerita
pengalam serta kiat2 utk bekerja di LN.

Alasan kedua adalah, untuk membuktikan bahwa GGE Indonesia ini sudah
setaraf International GGE lainnya. Hal ini akan meningkatkan ke-PD-ean
GGE untuk menangani project2 migas di Indonesia, akhirnya terlontar
ketika talk di IAGI-HAGI yg saya lontarkan statement bahwa kita mampu
mengelola Cepu Block sendiri ... mestinya). Tentusaja terutama utk
bidang technical (non managerial), karena selama ini Indonesianisasi
masih banyak hanya managerial yang kadang kala (maaf) masih harus
dengan pemaksaan (dan karbitan).

Paling tidak dua alasan diatas yg ingin saya lontarkan ke temen-temen
GGE wektu itu. Memang disisi lain ada nilai tambahan USD yag
diperoleh, walopun kalau dibandingkan dengan di JKT bisa saja sangat
relatif bahkan bisa-bisa kerja di LN secara finansial tidak
menguntungkan, karena status kepegawaiannya berubah (permanent vs
contracts), karena istri/suami harus tidak bekerja kalau ikut ke LN.
Yang menarik adalah, bisa-bisa ada yg memilih untuk tinggal di KL
dengan gaji 4000USD ketimbang di jakarta yang 5000USD, karena situasi
hidup yg "enak-nyaman" di KL. Apalagi berita bom bali 2 ... Duh, ini
tentunya tambah mempersulit GGE kembali ke JKT.

Jangan heran kalau temen-temen GGE di KL ini sudah masuk ke "Comfort
Zone" karena Petronas akan dengan serta merta menaikkan gaji cukup
tinggi ke level itu. Karena dengan masuknya di "Comfort Zone" ini
menjadikan mereka lebih "betah di LN. Dan ini memang sepertinya itulah
tujuan Petronas menghire orang2 Indonesia, untuk mencari "workers
whose doing the technical jobs". Bukan mencari orang yg "demanding"
yang memilki keinginan untuk maju lagi. Ini yang perlu diperhatikan
buat temen-temen GGE yg ada di LN saat ini. Namun masuknya level
Comfort Zone ini juga bukan hal yg jelek looh, just personal
preference (pilihan hidup).

Jadi tantangan buat HR yg di Indonesia utk mencari GGE ini menjadi
tidak mudah saat ini ... The rule of the game has changed. Orang-orang
GGE di KL sini mungkin 80-90% memilih menjadi pekerja kontrak bukan
utk menjadi pekerja permanen, mereka sudah sangat PD dengan
kemampuannya.

Nah untuk kasus khusus dari Parvita tentang kesulitan mencari
Geoscientist yg berpengalaman 8-15 tahun kita bisa lihat dari beberapa
hal yg dapat saya ulas.

Secara historis yg berpengalamn 8-15 tahun ini adalah mereka yg di
hire pada tahun 1997-2000 ... dimana saat itu adalah saat krisis
ekonomi di Asia, juga harga minyak saat itu dibawah 20USD/bbl.
Tentunya hiring saat itu sangatlah minim. Tidak banyak fresh graduate
yg dihire oil indstri di Indonesia. (walopun saat itu pula saya
beralih ke Shell Brunei). Memang ada sih, tapi saya yakin jumlahnya
sangat terbatas.
Dari sisi pegawai, pengalaman 8-15 tahun ini adalah saat-saat dimana
mereka sangat seneng dengan pekerjaannya. Ini saat2 saya menikmati
menjadi Geoscientist. Pekerjaan2 akan sangat menarik, bekerja menjadi
sebuah kenikmatan. Bayangkan saja, usia ketika itu sekitar 35-40 an,
dimana istri sudah ada dirumah, anak mungkin sudah menjelang gede
(namun kebutuhan sekolah cukup banyak). Wah lumayan enak kan ... ?
Jadi usia ini usia pekerja sangat betah utk tinggal dimanapun dia
berada.
Dari demand, di oil industry pekerja dengan pengalaman 8-15 tahun
merupakan pekerja yang sangat dibutuhkan. mereka sudah siap diberi
tugas, training lebih dari 8 tahun sudah sangat cukup buat mereka
bekerja mandiri (under minor supervision). Sepetinya saat ini saat
mengerjakan pekerjaan rutin, Bukan eksplorasi tetapi mendevelop
lapangan kecil sehingga kebutuhan bekerja yg tidak terlalu banyak
berkhayal sangat dibutuhkan.... "workes whose doing the job". Yang
dicari bukan yg banyak berdiksusi atau lebih suka mengusulkan sesuatu,
ketimbang mengerjakannya. Pengalaman diatas 10 tahun sebenernya sudah
banyak yg lebih suka diskusi ketimbang "bekerja" sih .. :).
Kalau yg pengalaman diatas 15 tahun sudah banyak yg mikir utk ambil
early retirement mungkin malah banyak. Tapi biasane sudah enggan kerja
ya ... maunya jadi manager kaleee ...

Keep hiring
Ya, terus saja mencari, terus saja melakukan proses hiring. Ini salah
satu strategi yang tepat untuk HR-HR oil industry di saat ini. Most
GGE now are moving arround. Lets people go, but you have to keep
hiring.
Prediksi dari salah satu scenario Shell, adalah harga minyak (crude)
akan terus meninggi hingga dekade kedepan. Hal ini disebabkan
alternatif energi tidak cukup mengejar kebutuhan peningkatan energi.
Juga kalau anda lihat di berita-berita CNN atau BBC beberpa waktu
lalu, bahwa sekarang ini BUKAN SEDANG LANGKA "CRUDE-OIL", tetapi
LANGKA "FUEL" (BBM). Saat ini crude cukup banyak yg tidak tertampung
di banyak itu refinery yang akan memproses "crude" menjadi "fuel".
Kapasitas refinery di dunia sangat terbatas. Pembangunan refinery
sangat lambat beberapa tahun lalu. Indonesia bahkan tidak menambah
refinery. Jadi kenaikan harga minya Crude akan tetep cenderung
meninggi, karena secara mentalitas kita melihat BBM naik (karena
langka) dan akhirnya "crude-oil" akan mengikuti naik.
Badai Rita dan Katrina yg merusak fasilitas refinery ini lebih-2 lagi
mempersulit mencari BBM dipasaran.

Jadi saya sarankan jangan membatasi mencari yang berpengalaman 15
tahun. Kalau yang pengalan diatas 15 tahun gimana ?

"seeking a job"