Rekan-rekan,

Sebuah klarifikasi. PND hanya mengelola data di open area, yaitu data yang ex
relinquishment area. Maka, data yang sudah lewat masa rahasianya, tetapi masih
di wilayah PSC/JOB yang aktif, tetap kepunyaan Negara yang dikelola PSC/JOB
tersebut dan tidak untuk diperjual belikan. Bisa diperjualbelikan via data
trade antar PSC/JOB dengan persetujuan Negara. Data aktif ada dalam pengawasan
BPMIGAS dan BPMIGAS tidak memperjualbelikan data. Data non-aktif (relinquished
area, open area) ada dalam pengawasan MIGAS (yang menunjuk PND sebagai
pengelolanya) dan itu bisa diperjualbelikan dengan aturan2 tertentu.

salam,
awang

Harry Kusna <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Pak Rovicky ysh.,

Dalam peraturan MDM, data bisa berubah statusnya menjadi open setelah suatu
perioda tertentu, bergantung dari jenis data-nya, misalnya untuk:
- data dasar seperti data2 hasil survey langsung, akan menjadi open data
setelah 4 tahun
- data hasil proses (processed data), akan menjadi open data setelah 6 tahun
- dan data hasil interpretasi (interpretive data), akan menjadi open sesudah 8
tahun

Tetapi walaupun data tsb sudah menjadi open, yang berhak untuk
menjual/mendistribusikan data tsb adalah hanya PND, institusi yg ditunjuk oleh
pemerintah untuk hal ini. Jadi walaupun KPS yang bersangkutan mempunyainya, KPS
tsb tidak berhak untuk menjual/mendistribusikan data tsb ke pihak lain.
Demikian yg saya mengerti, dan mohon koreksinya jika saya salah.
Terimakasih.

Wassalam,
Harry Kusna

Rovicky Dwi Putrohari wrote:
Wah kalau memang begitu berarti kita sudah boleh memiliki data-data
sumur tatangga ya ?
Apakah kita juga diperbolehkan memperjual belikan data ini juga ?
Misalnya saya membeli log/seismic kemudian saya interpretasikan dan
saya jual hasil interpretasi saya boleh nggak ?