Pak Vicky ysh.,

  Berikut jawaban saya berdasarkan atas apa yg saya tahu:

  - Perbedaan WGS-72 dng WGS-84 yg jelas adalah pada dimensi-nya, panjang sumbu
pendek dan sumbu panjangnya berbeda, juga kepepatannya.
  - Kesamaannya, kedua ellipsoid tsb adalah ellipsoid2 yg kedudukan
pemodelannya geosentris, di dudukkan sepusat dng pusat bumi.
  -Kalau penggunaannya apakah dapat digunakan untuk Indonesia yg membentang di
khatulistiwa, jawaban saya adalah iya.  Dalam tulisan saya sebelum ini, untuk
memetakan Indonesia yg terbentang sepanjang khatulistiwa pada 1 lembar dng
menggunakan 1 system proyeksi, maka proyeksi yg digunakan adalah Mercator.
Perihal ellipsoidnya, ini adalah hal lain.

  Pertanyaan berikutnya bahwa adakah hubungan kesesuaian antara ellipsoid
dengan proyeksi petanya;  sejauh yg saya ketahui, tidak ada.  Ellipsoid adalah
pemodelan bentuk bumi kedalam bentuk matematisnya, sedangkan sesudah dia
dimodelkan ellipsoidnya, pemindahan titik2 dari ellipsoid tsb ke bidang datar
(bidang yg dpt didatrkan) adalah hal lain.  Jadi kalau yg saya mengerti, bisa
saja ellipsoidnya WGS-84, atau Bessel 1841, atau dsb, dan kemudian
diproyeksikan secara UTM, atau TM, atau Polyeder dsb.

  Ini saja dulu Pak Vicky, jika ada kesalahan saya, mohon dikoreksi.

  Wassalam,
  Harry Kusna

"Putrohari, Rovicky" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak Hendrawan ysh.,
>
> Setahu saya, ellipsoid yg banyak digunakan di Indonesia
> bagian Barat untuk data2 lama adalah Bessel 1841. Sedangkan
> untuk survey2 baru, ellipsoid yg banyak digunakan adalah WGS-84
>
> Wassalam,
> HK

Mas Harry Kusna,
Apa perbedaan WGS-84 dengan WGS-72 ?
Sorri pertanyaanya agak aneh ya ... :P ...
Apakah Elipsoid ini dapat digunakan untuk Indonesia yg membentang di
sepanjang katulistiwa ?

Ada lagi pertanyaan anak-anak nih ... Apakah ada hubungan khusus antara
elipsiod dan sistem proyeksi peta ?
Ataukan keduanya bisa terpisah sama sekali ?
Maksud saya kalau pakai elipsoid "ini" maka sistem poyeksi yg pas
mestinya pakai yang "itu" ... dsb

Komisi Sedimentologi (FOSI) : Ratna Asharina
(Ratna.Asharina[at]santos.com)-http://fosi.iagi.or.id
Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi(sunardi[at]melsa.net.id)
Komisi Karst : Hanang Samodra(hanang[at]grdc.dpe.go.id)
Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo(soeryo[at]bp.com)
Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin(ridwan[at]bppt.go.id atau [EMAIL PROTECTED]),
Arif Zardi Dahlius(zardi[at]bdg.centrin.net.id)
Komisi Database Geologi : Aria A. Mulhadiono(anugraha[at]centrin.net.id)

Yahoo! Shopping
 Find Great Deals on Holiday Gifts at Yahoo! Shopping

Kirim email ke