Pak Awang,

Carbonate build-ups tumbuh diatas tinggian2 bagian dari half-graben (tilted
fault block) atau horst yang telah terbentuk sebelumnya oleh extensional
phase. Dalam hal ini saya menginterpretasikan terbentuk sejak Late Eocene
sampai Early Oligocene atau setelah phase pengisian graben-graben tersebut
oleh sediment laut dangkal. Proses pendalaman cekungan sendiri sangat cepat
terjadi, sehingga dapat dilihat gejala tumbuhnya small pinacle diatas main
body  reef itu sendiri. Saya juga mengamati gejala tumbuhnya carbonate ini
yang sifatnya maju ke arah timur  (backstepping carbonate shelf- edge)
dimana semakin berkembang ke arah West Sulawesi. Beberapa bukti yang
mengarah untuk menyimpulkan pinacle body tersebut sebagai carbonate yaitu
adanya gejala stacking sigmoid pattern, retrogradational pattern, atau
section yang menunjukan morphology reef itu sendiri (seperti reef front,
reef flat, back reef).

SITI NUR'AINI
(Geologist)
============
ENI-INDONESIA LTD.

                    "Awang Harun

                    Satyana"             To:     <iagi-net@iagi.or.id>

                    <[EMAIL PROTECTED]       cc:     <[EMAIL PROTECTED]>

                    s.com>               Subject:     RE: [iagi-net-l] Re:
Marine syn-rift

                    02/27/2006

                    02:36 PM

                    Please respond

                    to iagi-net

Terima kasih Nur'aini atas infonya. Saya waktu IPA tahun lalu itu ingin
berdiskusi soal kerak North Makassar ini, sayang keburu dicabut posternya
he2..

Memang data seismik (termasuk paket data bidding terbaru untuk wilayah
offshore West Sulawesi) menunjukkan bentuk2 pinnacle itu di banyak shoulder
graben-half graben. Beberapa company yang ikut bidding kemarin masih agak
bingung menentukan apa bentuk pinnacle ini : reef atau volcano ? Dilakukan
beberapa modeling geofisika, hanya belum tuntas juga.

Kalau pinnacle reef, mestinya ia seumur Berai/Tonasa carbonates yang
Oligo-Miosen, sebab kalau lebih muda dari itu agak tak logis untuk
pertumbuhannya di laut yang sangat dalam seperti North Makassar Strait,
apalagi kalau mempertimbangkan bahwa kerak ini gagal menjadi sea-floor
spreading sejak Miosen Awal/Tengah saat terjadi benturan beberapa
mikro-kontinen di timur Sulawesi.

Mungkin pertanyaan tersisa yang harus kita cermati adalah kapan pinnacle
terbentuk dan kapan terhentinya rifting Makassar, serta kapan kedalaman
pinnacle seperti sekarang ini tercapai, paling tidak itu bisa untuk
menentukan apakah itu benar pinnacle reef.

Tambahan lagi, oil geochemistry di beberapa minyak struktur penemuan laut
dalam di sisi Makassar Strait membawa ciri2 minyak yang digenerasikan dari
rifts Eosen, biomarker bisnorlupane. Tentu ini berita menggembirakan bahwa
jauh di bawah Makassar Strait, pada relik rifts Eosen sisa pemisahan
Kalimantan Sulawesi telah pernah digenerasikan hidrokarbon. Kalau generated
HCs ini bisa ditangkap pinnacle reefs yang duduk di rift shoulder, kan
bagus..

Salam,
awang