pengertian saya dari tulisan sebelumnya,
dalam hal memprediksi porositas menggunakan data inversi seismik maka,
- data seismik perlu diproses dgn benar
dalam artian, amplitudo seismik menggambarkan koefisien refleksi "sebenarnya".
(saya beri tanda petik karena usaha ke arah sana lumayan sulit)
- sebisa mungkin efek fluid-nya minimal
sebab, kalau efek fluid-nya dominan maka interpretasinya bisa ambigu.
- studi petroelastique diperlukan utk "what if scenario"
seperti apa respon acoustic impedance yg diharapkan kalau porositasnya drop 10%?

saya kurang mengerti dgn yang dimaksud "interpreternya canggih dalam ilmunya".
yg bisa saya tangkap dari tulisan Ibu Yuriza adalah hasil seismik
inversi punya peluang sebagai "jembatan" antara "apa yg dilihat
geologist scr vertikal" dengan "apa yang bisa dilihat geoph secara
spatial" sehingga diharapkan bisa mendapatkan gambaran 3-dimensi yang
utuh.

--pta