Saya pernah mengusulkan (ke sebuah milis) sebuah ide konferensi ilmiah
"dalam kota" atau boleh juga tingkat regional untuk mahasiswa geologi
yang ada di sekitar kota tersebut. Konferensi ini dibuat oleh
mahasiswa, untuk mahasiswa, dipresentasikan oleh mahasiswa, bisa
diadakan 1 tahun sekali tapi dibantu oleh dosen-dosen mereka (untuk
menjadi juri abstrak). Mahasiswa cukup mengirimkan abstrak maksimal
300 kata saja, yang nanti akan dinilai kelayakannya oleh dosen-dosen,
apakah bisa dipresentasikan dalam konferensi itu atau tidak. Abstrak
ini nanti akan dibukukan menjadi kumpulan abstrak, tidak perlu
muluk-muluk berupa paper 10-15 halaman kelas PIT IAGI, cukup melatih
kemampun mahasiswa menulis abstrak dan mempresentasikan hasil
penelitian/tugas akhir mereka dulu saja. Tidak perlu muluk-muluk untuk
tingkat nasional, cukup tingkat kota atau lintas propinsi saja,
misalnya Jakarta-Jawa Barat dan Jawa Tengah-Yogyakarta. Kumpulan
abstrak itu nanti diusulkan menjadi salah satu publikasi resmi IAGI,
diberi ISSN/ISBN, diakui sebagai publikasi ilmiah nasional (kan sudah
di peer reviewed oleh kolega/ilmuwan juga).

Tapi tampaknya ide seperti ini lewat begitu saja, mungkin kurang
"heboh" enggak bisa undang menteri atau wakil presiden? Atau mungkin
konferensi seperti ini terlalu mudah atau rendah kelasnya dan bukan
kelas mahasiswa kita??

Min cakmin Minarwan

--
Blog at http://decartenz.blogspot.com