To: "Andang Bachtiar" <[EMAIL PROTECTED]>; <iagi-net@iagi.or.id>
Cc: "rahman aliah" <[EMAIL PROTECTED]>; "AMC AGUSTIRTO" <[EMAIL PROTECTED]>; "sari kusumayudha" <[EMAIL PROTECTED]>; "Sari Bahagiarti" <[EMAIL PROTECTED]>; "Gendoet Hill" <[EMAIL PROTECTED]>; "agus hendratno" <[EMAIL PROTECTED]>; "Retno Pamedarsih" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, July 13, 2006 10:14 AM
Subject: Re: [iagi-net-l] Re: [IATMI-KL] awan vertical tipis di Bantul, karena gaya electromagnetic ?

Pak Andang,

Memang benar sekali, semalam sampai hand phone saya jam karena penuh message
dan banyak telpon hingga pukul 12 malam. Dalam detik yang sama kadang sampai
tiga telpon masuk. Detik berikutnya sudah disusul dengan penelpon
berikutnya. Pagi ini masih juga berlanjut beberapa sms masuk menanyakan hal
yang sama.
Melalui radio dan tv tadi malam kami juga sudah berusaha menjelaskan bahwa
tanda-tanda tersebut tidak ada hubungannya dengan kegempaan atau gerak-gerak
lempeng tektonik (seperti yang disampaikan pak Andang). Dan kebetulan Pak
Bokir pengamat meteorologi dari Adisucipto sudah menjelaskan bahwa awan
tersebut adalah TANDA PERGANTIAN MUSIM.

Pada kesempatan ini, saya juga berterima kasih kepada seluruh rekan-rekan
IAGI yang sudah berkenan memberikan waktu, tenaga, pikiran dan pulsanya
untuk melayani publik yang benar-benar resah.

Ada satu hal yang perlu saya sampaikan lagi. Kemarin tanggal 12 juli saya
juga mendapat selebaran dari IAGI, namun ada pihak yang tidak bertanggung
jawab yang telah SENGAJA menambahkan satu halaman copyan di bagian belakang
(bag akhir selebaran tsb) dengan menjelaskan informasi yang SALAH. Di
katakan di bagian belakang selebaran tsb bahwa tanggal 15 Juli akan terjadi
patahan Progo dan menimbulkan gempabumi 6.5 SR. Jelas ini bukan ulah seorang
ahli geologi.
JADI NAMA IAGI TELAH DIDOMPLENG SEBAGAI PENYEBAR ISU YANG TIDAK BERTANGGUNG
JAWAB TSB.
Selain itu, pada awal beredarnya selebaran iagi di bulan juni lalu, ada tiga
messages (diantara lebih dari 100 messages) yang mengecam dan melecehkan isi
selebaran iagi. Jadi nampaknya memang ada yang dengan sengaja ingin
menjatuhkan IAGI karena mungkin kegiatan iagi ini sangat mengganggu kegiatan
mereka yang sengaja ingin mengacau dan meresahkan masyarakat.
Barangkali hal ini dapat menjadi perhatian KOMWIL IAGI Yogya untuk bertindak
lanjut. Saat ini memang benar-benar terasa bahwa ahli geologi menjadi
tumpuan masyarakat.

Sekali lagi terima kasih atas kebersamaan ini, saya benar-benar merasa
seperti terlibat dalam perang syaraf......antara IAGI dan mereka yang ingin
mengacau ketentraman warga yogya.

Salam,
rita

Assoc. Prof. Dr. Dwikorita Karnawati

Head of Geological Engineering Department
Gadjah Mada University
Host Institution of Asean University Network/SEED Net
Jl. Grafika no. 2 Bulaksumur, Yogyakarta 55281
INDONESIA
Phone : 62 274 513 668
Fax : 62 274 513 668/ 62 274 883 919
email : [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]
www.geologi.ugm.ac.id

----- Original Message ----- From: "Andang Bachtiar" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Cc: "rahman aliah" <[EMAIL PROTECTED]>; "AMC AGUSTIRTO"
<[EMAIL PROTECTED]>; "sari kusumayudha" <[EMAIL PROTECTED]>; "Sari
Bahagiarti" <[EMAIL PROTECTED]>; "Rita UGM" <[EMAIL PROTECTED]>;
"Gendoet Hill" <[EMAIL PROTECTED]>; "agus hendratno"
<[EMAIL PROTECTED]>; "Retno Pamedarsih" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, July 13, 2006 9:30 AM
Subject: Re: [iagi-net-l] Re: [IATMI-KL] awan vertical tipis di Bantul,
karena gaya electromagnetic ?

Masih tentang AWAN TIPIS & GEMPA

Berikut saya postingkan sms yang masuk ke hp saya mulai jam 8 semalem s/d tadi pagi, ditambah dengan 5 tilpun langsung dari Yogja yang menanyakan hal-hal yang sama. Selain itu puluhan sms dan tilpun juga diterima oleh rekan Hil Gendoet di Yogja, (mungkin juga diterima Agus Hendratno, bu Sari, dan bu Rita, pak Agus Tirto: yaitu nama-nama yang kami pampang di ribuan selebaran ttg tanya jawab Gempa-Tsunami yang menyebar mencoba menenangkan masyarakat Bantul-Yogja-Klaten sejak awal Juni lalu):

- 08157950928: Ada awan aneh lurus menyilang angkasa Yogja skrg, apa itu awan gempa? Lihat di langit ke arah bulan. Trims 20:22:18 12/07 - 081328188530: Mas, apa benar tanda melintang di langit akan ada gempa lagi 20:25:52 12/07 - 08179414515 Bp. andang, ada tanda garis putih skr ini di langit, apa ini tanda spt gempa di Kobe Jepang? mohon infonya. Kami orang awam takut karena bnyk issue macam2. Makasi. Citra 20:32:05 12/07 - 08122747307: Ada isu bhw pd tgl 15 Juli ini akan terjadi gempa besar di Klaten. Benarkah? Bgmn tanggapan anda? Terimakasih 21:48:05 12/07 - 0817286243: Km warga Randusari Pyg Yk skrg ini berada di luar rumah krn malam ini ada info gjl geser bumi bgmna tndak lanjut? 22:06:44 12/07 - 081806844282: Maaf pak, mnggngu, ini sy td melihat fnmena alam yg dikaitkan dg gmpa, td sktr jam 20:00 di langit ada seberkas 5 cahaya panjang d bln, org2 mengatakan bhw ini adalah garis2 gempa, apakah benar ini? 22:54:24 12/07 - 081931700245: Ada awan yg lurus2 panjang spt sblm gempa kmrn, tp horizontal di langit sktr jam 8 td. Apa ini tanda akan tjd gempa spt kmrn lagi? Sri-Imogiri 23:34:47 12/07 - 085647051342: Tadi petang shbis magrib s/d jam 21:15 dilangit ada awan membentk cemeti dr brtdy ke timur laut sdgkan sktr jam 01:00 td bulan dikelilingi awan mlingkar, tanda2 apakah yg akan terjadi? 01:06:13 13/07 - 081931708243: Saya mewakili wrga imogiri, gmpar ktnya mlm sbt jm 2 akan ada bncana, ga blh tidur di rumah ato di tenda, tadi malam juga ada warna putih melintang di lngit! kami semua resah, takut, dan glisah! tolong kami! 07:34:10

Saya sendiri jawab sms2 dan tilpun2 tsb sbb:

- Pak Agus, Pak Hill, terlampir saya forwardkan sms-sms dr Yogja,... bisakah dicek keluar apa yg terlihat? Saya sendiri di Bekasi tdk melihat hal tsb sekarang.. Dari literatur: gempa tdk didahului atau diikuti oleh gejala awan putih, kalau gelombang elktromagnet mungkin IYA, tapi tidak kasat mata,.. kalopun terjadi gempa susulan kekuatannya akan jauh lebih kecil dr 27 Mei... dan selama ini setiap hari di Yogja juga sudah terjadi gempa2 susulan kecil2 tsb... jadi, tidak usah kuatir ....( cc ke semua penanya menurut urutan waktu dan sedikit modifikasi..)

Khusus untuk yang menanyakan ramaln gempa, hari, jam dsb saya tambahkan jawaban:

- JANGAN PERNAH PERCAYA kalau ada yang meramal gempa akan terjadi sampai menyebut hari dan jam,... lihat kembali selebaran Harinjing AMC- IAGI YOGJA-PERHIMAGI yg anda pegang...

Kemudian rekan Hil Gendoet menjawab:
- Mmng betul ada awan spt yg warga gambarkan kang. Warga menghubungkan dg Gempa Kobe Jepang. Saya tanggapi mirip jawabnya Kang Andang plus itu pertanda jelang musim kmrau panjang. Tx

Saya balas, dg cc: ke Agus dan Rita:

- Sipp nDoet... thx... mugo2 masyrkt tenang... mbok awakmu tilpun-o radio ndik Yogja...minta bicara ke masyarakat spy mrk lebih tenang....piye Gus, Rit..?

Beberapa balasan langsung dr masyarakat:
- 081931708243: Makasih ya pak, skrg kami sudah lebih tenang . maturnuwun nggih... ngrepotin 09:11:02 13/07 - 08157950928: Trims, saya baru saja dptkan info dr Mas Hill, katanya bukan awan gempa, tdk ada warna orange, menyilang barat-timur. Mungkin awan kemarau panjang. Nuwun.20:45:59 12/07 - 08179414515: Ya makasi infonya, krn kami takut, bnyk sekali info2 yg menyeramkan, sy dpt nmr bpk dr email ttg tanya jawab ttg gempa. makasi. Citra

Begitulah cuplikan dari sekelumit kegiatan rutin dari sebagian kawan-kawan komunitas geosains yang mencoba untuk melayani kebutuhan psikologis masyarakat langsung yaitu mencoba untuk menciptakan ketenangan menghadapi situasi pasca-bencana di Yogja-Jateng. Hal ini kami lakukan terus menerus sejak 1 Juni 2006 yang lalu bersamaan dengan proses penyebaran ribuan leaflet tanya-jawab ttg gempa yang pernah kami posting di milis-milis (dan mendapat tanggapan riuh rendah juga di IAGINET -- tapi hanya sebatas wacana saja). Hampir tiap hari rata-rata kami mendapatkan sms 10-15 kali dari orang yang berbeda-beda,.. tilpun dari 5-10 orang yang harus kami jawab. Pertanyaan2 seputar suara "JGLUNG" di sekitar Imogiri Bantul pada saat terjadi gempa2 susulan juga seringkali kami terima dan kami jawab sampai mereka merasa tenang. Juga pertanyaan2 tentang konstruksi rumah (tentunya kami tidak bisa menjawabnya). Semua komunikasi tsb (mungkin sekarang sudah mencapai ratusan sms dan ratusan jawaban) kami coba dokumentasikan. Mudah2an kelak dapat menjadi referensi.

Ada permasalahan lain yg menyangkut operasional. Kawan2 volunteer semuanya nombok sendiri untuk membiayai pulsa saat mereka harus menjawab pertanyaan2 tersebut. Ada yang mampu ada pula yang akhirnya kembang-kempis tidak kuat menanggung pulsa. Kalau anda semua tergerak untuk ikut menyumbang pulsa bagi kawan2 volunteer tersebut, silakan hubungi nama-nama yang tertera di selebaran yang pernah kami buat 1-1/2 bulan yang lalu.

Modus kegiatan seperti ini SUDAH KAMI MULAI DAN SUDAH DIRASAKAN LANGSUNG MANFAATNYA BAGI MASYARAKAT. Kami memohon dapat kiranya PP-IAGI menindak-lanjuti menjadi sesuatu yang lebih berkelembagaan dan punya sistim support yang mantabh ke depan. Bisa dalam bentuk membuat task-force desk-tanya-jawab, bisa juga melemparkan ide dan pilot activity ini ke instansi terkait spy ditindak-lanjuti: misal BG-ESDM, DepSos, atau BMG, atau ke Koordinator Tertinggi Bakornas PB.

Silakan,.....

Andang Bachtiar
a/n
Tim HarinjingAMC-Perhimagi-IAGI Yogja