Wah Mas Budiman ini, memang "embah-embah" itu sudah pinter banget sejak
lama. Banyak istilah jawa yang di serap menjadi kosa-kata bhs Inggris.
Misalnya, bhs Inggris yang langsung memakai istilah Jawa itu
(he..he..he..) : duren, the gun ( suaranya mirip suara kelapa-muda
("degan") jatuh), the camp (suara bedil akibatkan banyak orang tiarap
"ndekem" takut, the box (kotak yang dulu banyak di lapisi pohon pisang
"debog"), ... hemm...

Setelah "redi", "lindu", nanti juga 'hama', 'pageblug', barangkali....

Di Simposium geologi jogja itu, memang semakin jelas peranan geologist
untuk menjadi soko-guru benar-benar 'semua ilmu yang di bumi': ya
tektnonik, stratigrafi, paleontologi, bioevolution, lalu ke ekonomi,
lindu, sejarah, bahasa, dari big-bang hingga masa depan, dll (setidaknya
itu temaku). Pokoknya semua ilmu yang di bumi.

Saya ke Prangtritis lagi kemarin, dapatkan CD sa'at-sa'at gempa Jogja 27
Mei 2006. Durasi 17 menit, 777 Mb file itu, cakup 4 menit keramain
sebelum gempa, lalu gempa di lihatkan dua bola api di tengah laut, lalu
keributan di jalan sepanjang 25 km Parangtritis-kota Jogja. Itu termasuk
tayangan file ini ke Lativi "Sorotan Utama".

Jarak bola api dari pantai sekitar (kasar nih) 10 km, tinggi 20 m, lebar
14 m, warna, ya warna api itu. Bagaimana crita atawa analisa kemarin ?
Nadanya sudah di bahas luas sekali.

Rumah yang kerangkanya besi cor, tak retak, lainnya umumnya tanpa
kerangka besi, dan ya hancur di kakek-ku di Kretek, dekat Parangtritis
itu.

Salam,
Maryanto.