Menarik nih.... ulasan bung STJ yang lagi "dibuang" di Afrika ini.

Adakah di minyak, coy "gajah" dan coy "junior" macam di mineral ini ya?

Salam - SP

-----Original Message-----
From: budi santoso [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, September 14, 2006 5:08 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: RE: [iagi-net-l] Mineral Exploration Coys Baru Masuk

Pak Ndaru,

Saya pikir merekalah pioneer2 dalam dunia eksplorasi
ini bahkan merekalah explorationist sejati meski
kadang nekat . . . bahkan terlalu dan keterlaluan.

Menurunkan 'threshold' mungkin salah satunya tapi bagi
mereka 'no pain no gain'

bagi perusahaan gajah, seperti kita ketahui mereka
terlalu konservatif jadi sering terlambat
mengantisipasinya; terlalu 'rumit' parameter yang
digunakan. Yang mereka lakukan selalu menunggu sampai
(gajah-gajah) lainny beraksi dan lagi-lagi akhirnya
mereka selalu terlambat.

bagi saya mestinya; justru di kondisi seperti ini si
gajah bisa lebih leluasa 'bermain' karena tidak banyak
'competitor' dan mereka umumnya punya kemampuan teknis
untuk men'generate' sebuah 'project' dan
mengevaluasinya secara lebih baik dibanding juniors.

Sebenarnya si gajah gak masalah, tapi si personal
pengambil keputusan untuk masuknya yang gak mau
mengambil mempertaruhkan 'jabatannya' . . wajar. Tapi
terdengar konyol jika mereka ini (secara personal
oknumnya) tahu akan potensi suatu daerah di suatu
negara katakanlah Indonesia project "A" tapi tidak
'berani' mengambil keputusan untuk masuk . . tapi
akhirnya ada sebuah junior yang akhirnya menemukan
sebuah world class deposit tepat di daerah yang si
oknum ni pikirkan sebelumnya. . . yang bisa mereka
lakukan akhirnya 'hanya' rame-rame dengan gajah-gajah
mendekati si junior . . . dengan kemungkinan kalah
dalam bersaing meminang si Junior ini . . .

Dengan sumber dana yang jauh lebih memadai mestinya
mereka lebih bisa persistent untuk mengaplikasikan
ide-ide konseptuanya terhadap suatu daerah, 500rb-1jt
untuk melakukan assessment terhadap sebuah daerah
perosective sebenarnya . sesuatu yang hampir 'nothing
to loose' bagi si gajah ini . . . apalagi si junior
juga akan dengan sendng hati "menerima linpahan"
'abandoned project' ini dari si Gajah ini jika pada
akhirnya mereka memutuskan untuk idak meneruskannya .
. jadi meskipun gajah; besar, dan relatif lambat
gerakannya, mestinya dicangkokan kepadanya otak
'kancil' dari sisi "kecerdikannya" tapi bukan
kelicikannya . . .

wah terus terang pak, saya 'kesel' juga kerja dengan
si 'gajah' sampai berbusa-busa promosi negeri ini,
salah-salah malah 'dibuang' ke Afrika' seperti
sekarang ini . . . he he he