From: Arief Budiman [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, November 06, 2006 2:52 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: RE: [iagi-net-l] high pressured clay minerals

Sejauh yg saya ketahui, overpressure umumnya terjadi pada batuan yg
permeabilitynya kecil (misal clay, bisa juga isolated sandstone),

Penyebabnya antara lain :
1) Saat sedimentasi air yg ada di dalamnya tidak bisa keluar sebanding
dengan penambahan beban di atasnya sehingga batuan mengalami uncercompacted.
Lingkungan geologi : di tempat yg sedimentasinya didominasi lempung dan
berlangsung cepat (misal delta)

2) Tektonik juga bisa mengakibatkan overpressure Lingkungan geologi : misal
accretionary prism di outer arc

3) Penyebab lain : pembentukan/pematangan hidrokarbon, aquathermal, dll

A R I E F   B U D I M A N (Ai)
Pertamina EP -  Operasi Eksplorasi
O : (021) 350 2150 ext.1782
M : (021) 70 23 73 63