Berdasarkan penglihatan hampir selama 2.5 tahun di Semenanjung dan 1
tahun di Sabah. Pemerintah Malaysia membuat peratuan berdasarkan
kebutuhan yang ada di masyarakat dan masyarakatnya mau mematuhinya.
Pola pikir merekapun masih terus digojlok dengan statement2 dari
kementrian masing-masing. Karena kemajuan infrastruktur mereka masih
belum diimbangi secara menyeluruh oleh orang awam. Tapi secara
keseluruhan lebih baik.

Misalnya : Cara mengemudi yang baik selalu ditayangkan di TV maupun di
bioskop2.
Konsep WC umum yang bersih selalu ditayangkan dan dikerjakan oleh
bawahan.
Tertib lalulintas, yang melanggar langsung ditilang (ada juga yang
lolos).Kalau melanggarnya ringan mereka kasih tahu aja (ada maafnya,
ngak kaya di JKT langsung salam tempel).
Budaya Antri mereka sudah lebih maju. Dimana-mana mereka selalu antri
dengan tertib. Dijalanan yg macet ngak ada bunyi klakson, di ATM, di
loket stadion olahraga. (ada jg yang bandel sih).

Di kantor, para kontraktor ngak ada yang maen belakang untuk dapat
project khusus (ada juga sih). Semua ikut peraturan. Ingat dulu waktu
kerja di SLB, setiap ada acara rame-rame kalau enggak service Orang
dalam rasanya belum afdol. Watak mereka mirip dengan orang2 seberang,
terbuka, terus terang. Mereka bilang "iya" kalau OK dan bilang "tidak"
kalo ngak suka.

Yang paling saya kagum dengan budaya mereka adalah, kalau pejabat datang
ke tempat umum, ngak ada rasa kagum yang berlebihan dari masyarakat.
Pejabat2 itu datang seperti orang biasa. Saya pernah jumpa wakil PMnya
di KLCC tanpa pengawal, pernah jumpa big boss Petronas (dt. Marican)
pake celana pendek shopping di Carefour. Waktu di Sabah Big Boss
Petronas Sabah bawa mobil sendiri ke Kantor.

Kesimpulan saya : di Malaysia, Pemerintahnya sudah lama membahagiakan
Rakyatnya. Di Indonesia, Pemerintahnya masih belum bisa membahagiakan
Rakyatnya.

Wassalam,

Edison Sirodj