http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/03/tgl/15/time/130751/idnews/754613/idkanal/10

Ramalan Lumpur Mama Lauren Diam-Diam Diseriusi Gubernur
Irawulan - detikcom

Surabaya - Mama Lauren meramalkan dalam waktu 5 bulan kawasan Porong
dan sekitarnya akan amblas. Boleh percaya boleh tidak. Tapi ternyata
Gubernur Jawa Timur Imam Utomo diam-diam menanggapi serius ramalan
tersebut.

Tanggapan serius sang gubernur baru terungkap dalam Sidang Paripurna
Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Tentang Pengelolaan Keuangan Provinsi
Jawa Timur di DPRD Jatim, Jl Indrapura, Surabaya, Kamis (15/3/2007).

"Kita ini antara percaya dan tidak percaya dengan prediksi di sekitar
kasus lumpur Porong. Kalau menurut IAGI, 31 tahun baru reda dan jadi
danau," kata Imam.

Dan menurut Mama Lauren, kata Imam, dalam waktu 5 bulan kawasan Porong
dan sekitarnya akan amblas dan menimbulkan kecelakaan dan korban lebih
besar.

"Ini perlu diperhatikan. Dan kalau ada gerakan-gerakan yang
mengkhawatirkan, saya akan merelokasi warga," tegas Imam yang langsung
disambut tepuk tangan anggota dewan.

Wartawan yang meliput sidang itu langsung tersenyum mendengar
pernyataan Imam Utomo yang diam-diam menaruh perhatian pada
ramalan-ramalan paranormal kondang tersebut.

Lantaran kondisi yang menghawatirkan itulah, Imam Utomo akan meminta
kepada IAGI untuk melakukan penelitian di Porong, Kabupaten Sidoarjo,
Jawa Timur.

"Saya akan meneliti dulu. Setelah itu saya akan lapor ke pusat,"
katanya sembari mengingatkan pers untuk tidak memberitakan sesuatu
yang menakutkan.

Soal tuntutan warga Perum TAS I tentang ganti rugi tunai, Imam
mengakui jika apa yang telah dilakukannya untuk membantu korban lumpur
sudah maksimal. "Saya tidak bisa lagi memperjuangkan permintaan warga
cash and carry, karena ada aturan hukumnya," kata Imam dalam
pidatonya. (gik/sss)