Memang signature bonus itu sebuah hal wajar. Namun dampaknya bisa
bermacam-macam.
Salah satu yang saya amati ketika evaluasi beberapa PSC term dan
bagaimana investasi masuk ke sebuah negara. Ternyata signature bonus
ada yg menginterpretasikan sebagai "palak" (maaf) ... lah iya kan ...
wong belum apa-apa sudah disuruh bayar ini itu. Ini juga mirip pajak
yang dikenakan pada saat eksplorasi, wupst biacar asoal palak ... eh
pajak ini salah satu yg membuat

Ada sebuah negara yg tidak memasukkan signature bonus dalam KKS-nya.
Dalam hatinya "tetapi ntar kalau you sudah pasti akan untung karena
dapet lapangan minyak, baru deh gwe minta bagian, kagak tanggung
tanggung, gantian gwe sembeleh lue !".

Dalam perbandingan keekonomian beberapa PSC term negara-negara ini
yang iseng-iseng aku lakukan. Ternyata kumpeni-kumpeni akan betaruh
atau berantem memperebutkan blok dalam mengadu program (komitment
spend) di negara ini. Sampe-sampe ada looh yang punya komitmen
drilling sampai 16 sumur eksplorasi, iya 16 sumur dalam 4 tahun !! Ini
di ustrali.

Mungkin saja, mungkin saja looh, di MIGAS sana gedenya angka bonus ini
bukan hal utama dalam evaluasi pemenangan tender. Tetapi sudah bisa
membuat kumpeni-kumpeni (investor) ini sudah enggan dengan adanya
bonus-bonusan. Seolah-olah itu uang pasti hilang (sunk cost).
Kehilangan 5 juta karena dry hole masih ok ketimbang hilang 1 juta
karena harus ngasih bonus ... ini pikirannya investor looh.

Padahal setelah dihitung-hitung keekonomiannya PSC ini ternyata ngga
beda jauh setelah mendapatkan minyak dan dikerjakan tuntas sampai
PSCnya habis. Jadi secara ekonomi (fiskal/commercial) ndak beda banyak
yg diperoleh goverment maupun investor. Tetapi yang satu merasa ngga
dikerjain. Dan ternyata negara memperoleh "harta" (goverment take)
yang sama juga. Hanya yang tidak minta duluan berhasil mengundang yang
satunya mungkin tersendat dalam mengundang investor.

salam

rdp

Yang Kung , Vicky

Kalau Signature Bonus saya kira sih masih OK OK saja , tapi saya sih paling
ndak sedap (kalau kasarnya sih sebeel gitu) , kalau gini hareee masih ada
Bunus Pendidikn dan Latihan , kaya kita ini masih  bodoooo betul .
Padahal industri migas Sektor hulu sudah lebih seratus tahun di Indonesia
tercinta ini.

Si Abah

Vic,

--