Juga ntar ada pengembangan ternak ular di di daerah patahan aktif di Indonesia,
yang dapat dipakai untuk edukasi kebencanaan bagi publik.Jadi tidak sekedar BMG
dan Vulkanologi. Bahkan perlu meningkatkan kemampuan ular sebagai "anjing
pelacak" terhadap fenomena getaran dalam bumi. hehehe....

Yachh..komentar Pak Sultan memang begitulah. Yogya memang istimewa. Peringatan
1 th Gempa selama tanggal 24 - 28 mei 2007, isinya sebagian besar adalah
peningkatan ragam budaya dan renungan. Sekarang ini, di Jogja, di
pelosok-pelosok Bantul dan Klaten, digeler berbagai ragam acara tentang
refleksi 1 th gempa dalam ragam budaya. Malah kemarin ada Kethoprak Lindu,
dipentaskan di Pundong, kampung ditepian Kali Opak.
Kemarin dan besok sore, akan diluncurkan sebuah pernyataan tentang Jogja
sebagai Center Exelennce dalam Disaster Management, yang didukung oleh UNDP,
GTZ, Oxfam, Care International, UNICEF, dan puluhan NGO International -
Nasional - Lokal, serta Pers dan Kalangan Kampus.
Komunitas paranormal, kyai, pendeta dan tokoh-tokoh agama, akan kumpul tumpuk
undung dengan kyai kanjeng pada 27 Mei 2007, mulai pukul 01.00 - 06.00, sampai
"detik-detik datangnya gempa ditiupkan oleh sekelompok komunitas" dari
paseduluran K.Opak. lha..dalaahh...

Info ini saya ceritakan, karena kebetulan saya mendapat undangan berbagai
perhelatan acara-acara tersebut. Ini semua gara-gara IAGI merilis informasi
praktis pasca gempa 27 mei 2006, disitu tercantum beberapa geologist (juga
no.hp) yang dirilis diberbagai pers, website, dicatat ratusan orang yang dapat
selebaran itu.

salam edukasi bencana untuk publik...., sekalipun dengan cerita ular tadi.....
agus hendratno

Kabul Ahmad <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Ini artinya, setiap kantor BMG dan
Vulkanologi atau pengamat gempa dan
bencana musti peliara ular ?
Masalahnya, ularnya jenis apa Kang /pak Sultan ? Panjangnya dan gedhe
seberapa seberapa ? Ular Cobra, Phyton, Anaconda,.. yang berbisa apa cuma
pandai melilit ??
Jangankan mendeteksi gempa, lha ularku malah ikutan kocar-kacir saat ada
gempa dibawa sama pemiliknya...lari tunggang langgang dan mengkeret tidak
mau unjuk gigi....kadang malah nglungsungi tiba-tiba.... Mungkin karena ular
jawa, bukan ular china.