  From: Shofiyuddin
  To: iagi-net@iagi.or.id
  Sent: Monday, August 06, 2007 11:34 AM
  Subject: Re: [iagi-net-l] 2nd Porosity Petrophysic vs Petrography in Carbonate

  Mas Andri,
  Memang segala sesuatunya harus kembali kepada asal. Nah log pun sama, harus
dikalibrasi lagi kepada batuannya, bentuknya bisa kepada deskripsi batuan inti
(core), sayatan tipis, SEM dan XRD. Begitu juga dengan sifat fisik batuan laen
seperti porosity dan permeability. Tanpa itu, log tidak punya referensi.

  Kalo kita bicara batuan, kita bicara yang paling detil (dari micron same
meter. Kalo kita bicara log, kita bicara dibilangan cm sampe meteran,
tergantung jenis lognya apa. Bicara seismik bicara pada kisaran yang lebih
besar lagi dari log.

  Nah yang sedang saya share ini bagaimana usaha kita untuk mengenal adanya
porositas sekunder dari log dimana dari pengamatan core ditemukan adanya vuggy
porosity. Secara umum, sonic log sering disebut sebagai salah satu tool yang
cukup efektif untuk mengenal porositas sekunder ini sehingga banyak persamaan
muncul yang diertai dengan asumsi yang berbeda berbeda beda. Salah satu contoh
adalah penggunaan rumus SPI (Secondary Poroitas Index) digunakan dengan aumsi
bahwa sonic log tidak melihat sama sekali adanya vug, jadi selisih antara
porositas total dengan sonic dilihat sebagai adanya porosoitas sekunder. Untuk
rumus Nurmi sedikit laen lagi karena dianggap alat sonik mampu untuk melihat
"sebagian vuggy porosity, sekitar 50% dari aktual" nya. Nah begitu juga yang
rumus yang laen.

  Yang menjadi masalah ditempat saya adalah kenapa justru porositas yang
dihitung daro sonik kok lebih besar dari porositas totalnya (yang dihitung dari
density dan neutron log)? nah itu yang saya lagi cari pak.

  Salam

  Shofi