Pak Vicky,

Bila membaca artikel di the Geophysical Research Letters edisi 29 Januari 2008
tentang hidrokarbon di Titan, satelit Saturnus ini hanyalah metan, etan, dan
"tholin" (tholin adalah molekul organik kompleks kimia pre-biotik, molekul
kompleks diperkirakan punya rantai C-H panjang). Metan dan etan ditemukan dalam
bentuk cair mengisi danau2 di kutub utara Titan, sedangkan tholin ditemukan
dalam bentuk beku menyusun bukit2 di permukaan Titan. Para peneliti menyamakan
metan dan etan cair itu sebagai hidrokarbon cair mirip minyak di Bumi,
sedangkan bukit tholin mereka samakan sebagai deposit batubara di Bumi.

Dalam temperatur dan tekanan kamar (standar) di Bumi, metan dan etan akan
berbentuk gas. Kita mengenalnya sebagai gas biogenik di Bumi. Gas ini bisa
dicairkan dengan mengatur T dan P yang sesuai melalui proses LNG (liquefied
natural gases). Di Titan, temperatur permukaannya sudah -179 C, tekanannya
tidak diketahui tetapi jelas berbeda dengan di Bumi; tanpa proses LNG, metan
dan etan di Titan ternyata sudah dalam bentuk cair, mirip minyak atau lebih
cocok kondendat. Hanya, mereka dalam keadaan tidak stabil sebab terjadi
terus-menerus perubahan T dan P di permukaan Titan dan bagian dalamnya.
Disebutkan bahwa kondisi cair ini tidak abadi sebab banyak juga terjadi methan
venting dari mantel Titan, cairan metan di danau2 Titan pun menguap dan
memenuhi atmosfernya sehingga menimbulkan massive greenhouse effect.

Minyak anorganik jelas akan berbeda karakternya dengan minyak asal organik. Ia
jauh lebih sederhana, hanya trace metal anorganiknya banyak sekali, tetapi
tetap dalam bentuk cair. Minyak sintesis  yang dibentuk dengan proses teknik
kimiawi F-T (Fischer Tropsch) di industri menggunakan katalisator logam
menunjukkan karakter rantai C-H sederhana. Seperti pernah kita diskusikan,
minyak sintesis ini digunakan Jerman untuk bahan bakar pesawatnya dalam Perang
Dunia. Minyak organik biokimiawi memang sangat kompleks.

Salam,
awang