Let say apapun alasannya pemerintah terpaksa men 'default' CoW nya
Newmont sehingga terpaksa hrs diselesaikan oleh 'arbitrase
international'. Kita berandai andai membayangkan 'apa yang akan
terjadi'???
a) Kalau menang -> pemerintah tetap harus membayar berjuta juta USD
(punya duitnya enggak yach?)
b) Kalau kalah (karena kesalahan ada di pemerintah, misalnya.....siapa
yang tahu?) maka akan lebih tekor tuh...
c) Terus nasib karyawan? Dan penduduk sekitar (sektor informal) yang
ikut berusaha/hidup dengan kehadiran Newmont?....Kacian deh mereka....
d) Ini juga mrpk tantangan profesional WNI...sebagai pribumi...Sudah
siap mengoperasikan tambang yang 'sulit' tersebut agar BISA
UNTUNG?...Kalau mau rugi terus sih sudah banyak contohnya di Republik
ini...
e) Kalau di KSO kan dengan perusahaan swasta apa nantinya nggak "lepas
dari mulut harimau masuk ke mulut buaya?"...alias 'sama aja
boong'?...Apalagi sekarang ini kan sudah dekat tahun 2009. Pasti akan
sangat banyak yang berkepentingan....
f) Berapa kira-kira 'revenue' pemerintah yang akan hilang untuk jangka
waktu tertentu dari kasus 'perseteruan'ini?
TAU AH GELAP!!!!
Yang pasti ini pembelajaran menarik bagi komunitas kita bahwa untuk
mengelola perusahaan tambang tidak cukup hanya bermodalkan KOMPETENSI
INTI ILMU KEBUMIAN SAJA. Ada permasalahan 'legal', 'financing',
tekno-ekonomi, dll. Yang harus juga kita 'ketahui' (paling tidak
'dikit-dikit' lah biar 'nggak dikadali'....

Salam
Abah ANOM