Pak Minarwan & Pak Irwan ysh.,
  Ijinkan saya untuk ikut berpikir mengenai hal ini.
  Persoalan yang saya tangkap adalah, Pak Minarwan mempunyai peta seismik,
tetapi tidak diketahui datum dari peta tsb.  Saya pernah mengalami hal ini, dan
kasusna munkin sama.
  Analisa saya, karena peta tsb tahun 70-an, jadi peta seismik tsb adalah peta
lintasan seismik 2D yang biasanya ada lintasan seismik nya dan ada ada
koordinat shot pointnya dlm selang tertentu.  Koordinatnya bisa dlm bentuk X,Y
(koordinat proyeksi), atau lat long (koordinat geografis).  Kalau keduanya ada,
maka mungkin bisa dicoba dari hitungan konversi koordinat, dari koordinat
geografis (lat lon dlm spheroid tertentu - coba satu2 yg paling mungkin) ke
koordinat proyeksi (X Y bidang datar) secara yang tertulis dlm peta tsb (apakah
TM, UTM, Polyeder, dsb).  Kalau X Y nya dlm UTM maka akan lebih mudah lagi.
Jadi mungkin hal yang bisa membantu, mohon diperhatikan koordinat2 ttk yang ada
didalam peta tsb, dlm system apa saja,  bisa diukur ulang atau tidak dng gps,
(mungkin tdk bisa krn bukan ttk ikat permanen).
  Ini saja yang terpikir oleh saya, mudah2an membantu.  Kalau dekat sih, insya
Allah, saya mau bantu.  :)

  Wassalam,
  HK

  Pak Irwan Meilano yth.,

Terima kasih banyak atas tanggapannya, sangat bermanfaat Pak.

Yang menjadi masalah teman saya ternyata adalah dia sendiri tidak tahu
datum yang digunakan di datanya (data seismik awal th 70-an) dan
justru inilah yang hendak dia cari. Saya yang salah mengartikan maunya
rekan saya ini. Kekeliruan seperti ini "klasik" banget yah,
menggunakan pertanyaan yang salah akhirnya enggak dapat jawaban
hehehe......

Terima kasih sekali lagi Pak Irwan.

Salam
Minarwan