Yang udah pada pensiun ngak usah lah diutak atik lagi lah. Biar yang
muda-muda, jujur dan bermotivasi tinggi yang diperlukan bangsa ini.

egs

-----Original Message-----
From: Harry Kusna [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, 17 March, 2008 2:44 AM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Indonesia looks to replace BP Migas chairman

Mas Sukanto

Kalau dari kriteria yang diajukan tsb., kalau saya sih menangkapnya,
yang memenuhi kriteria tsb adalah senior2 VP / GM / President
(pensiunan) yang berhasil dari perusahaan minyak, karena mereka tau
pernik-perniknya / loop-hole dunia migas kita, sehingga mereka bisa
memperbaikinya.  Disamping itu, bagi mereka, membenahi BPMIGAS / dunia
perminyakan Indonesia bukan ajang mencari kehidupan lagi, tetapi
merupakan ibadah, karena secara materi biasanya mereka sudah lebih dari
cukup.  Bagi mereka, saya kira bersinggungan dengan "orang besar" adalah
sesuatu yang nothing to loose, jadi konsistensi dlm menjaga
integritasnya dapat diharapkan

Ada bebera tokoh yang bisa disebutkan ant. lain mungkin Pak Baihaki (ex
presiden Caltex), Pak Wahyudin Yudiana (ex presiden Caltex), Pak Budiono
(ex VP Exploration ExxonMobil), atau banyak lagi yang lain.

Ini saja dulu, sebagai tanggapan tulisannya Mas Sukanto

Wassalam,
HK

Jonathan Sukanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Bung Vicky;

  Rasanya tergelitik juga untuk urun rembuk,walaupun kelihatannya
mungkin  dinggap oleh petinggi2 dinegeri ini hanya obrolan di warung
kopi; tapi  tak apalah....Melihat pentingnya posisi seorang kepala BP
Migas,  tentunya kandidat yg akan dicalonkan itu hrslah memenuhi
beberapa  kriteria yg menurut saya al:
  1. Mempunyai kemampuan dibidang oil&gas baik secara operasional
maupun secara managerial.Dengan menguasai operasional diharapkan
nantinya dapat lebih memahami kesulitan2 yg dihadapi para oprator,dan
diharapkan dapat mengambil langkah2 kebijkaan/terobosan yg pada ahirnya
dapat meningkatkan produksi nasional;gairah exploration semakin
meningkat; tahu persis kelakuan2 para operator "nakal" ( over charge
dlm cost recovery;tenaga expart yg gak perlu..etc. )
  Secara managerial tentunya,beliau itu diharapkan mampu melakukan
koordinasi baik secara internal maupun external. Sehingga seluruh
gerbong lokomotif  yg namanya BPMIGAS itu benar2 berfungsi sebagai
badan pengawas spt yg diamanatkan dlm undang2 migas.Harga minyak dunia
yg terus meroket, persoalan2 explorasi yg semakin kompleks ditambah
kompetisi yg semakin ketat dari negara tetanga dalam menarik para
investor;  maka mau tidak mau diperlukan figur yg sdh matang di  bidang
oil&gas......
  2. Mempunyai integritas artinya dalam menjalankan tugasnya kelak
haruslah beliau tsb. konsistent tidak mengenal kompromi walaupun
nantinya akan bersinggungan dgn "orang2 besar" atau kelompok2
tertentu...sekalipun nantinya harus mengorbankan jabatannya..ingat
sasaran ahir adalah bagaimana meningkatkan produksi nasional demi
mewujutkan kesejahteraan rakyat Indonesia.
  Mungkin cukup dulu, ini hanya pancingan supaya rekan2 lainnya dpt
mengeluarkan opininya.....he..he..he..gimana dgn rekan2 BPMIGAS sendiri
??

  Salam dr warung kopi
  J.sukanto

Rovicky Dwi Putrohari  wrote:  Kalau menengok dongenganku yang aku
peroleh info dari beberapa referensi,
sepertinya BPMIGAS menjadi sebuah institusi yang berhubungan dengan
industri
migas ini, merupakan institusi yang paling "berkuasa". Produksi migas
Indonesia secara legal adalah produksi BPMIGAS. Kalau di Malaysia ini
merupakan kekuasaannya Petronas Management Unit. DI Malaysia PMU ini
masih
"satu tubuh" dengan Petronas, sehingga Petronas dengan gagah menyatakan
produksinya 60% dari total produksi negeri itu.
Di Indonesia Pertamina hanya mampu atau berhak mengeklaim produksinya
sendiri (~50MMBO, di tahun 2005), tetapi Pertamina sebenarnya memiliki
badan
dan tangan yang cukup lengkap untuk melakukan operasi industri migas.
Sedangkan BPMIGAS, memiliki produksi cukup besar yang sebenernya
merupakan
potensi untuk "membesarkan" kegagahan Indonesia dalam kancah industri
migas,
namun sayangnya BPMIGAS tidak memiliki tangan untuk beroperasi penuh
sebagai
operator usaha migas.
BPMIGAS tentusaja bukan sebuah institusi bisnis, sedangkan Pertamina
merupakan institusi bisnis yang lengkap (memiliki badan, tangan kaki
kaki
tetapi terlihat kurus).
Dahulu (pra-UU22/2001) kedua institusi digabung tetapi banyak yang
menduga
justru tidak bagus untuk Pertamina yang "katanya" menjadi lamban dan
malas
atau barangkali menjadi "overshadow" oleh produksi minyak
operator-operator
migas di Indonesia.

Pada tahun 2001-2002 "di belahan dunia lain" terjadi caplok-caplokan dan
merger industri miga, di Indonesia malah terjadi amputasi dan meiosis
dan
mietosis dengan terpecah-pecahnya industri migas Indonesia, dengan
munculnya
PT Pertamina (Persero), BPMIGAS, dan Batur hilir. Konon (menurut studi
Rice
University) perubahan di Indonesia ini disebabkan oleh ulah IMF dan bank
dunia yang merecokin Indonesia karena hutang Indonesia dan ekses krisis
ekonomi global ditahun 1997-1998 sebelumnya. Duh !!

Saat ini harga minyak telah meroket dan melangit diatas tiga digit,
angka
yang tak terbayangkan di tahun 2001-2002 itu. Semua berubah, industri
berubah, lingkungan berubah. Ada satu cargon yang cukup pelik "change or
be changed". Tantangan berat untuk BPMIGAS, Pertamina dan Indonesia !!

Selamat memilih kandidat !
salam
rdp

   - Jual saja sebagian kecil sahamnya Pertamina di bursa

   - Indonesia perlu *Pertamina-Pertamina yang lain * sebagai NOC

   - Sepintas mengenal IOC -* International Oil Corporation *-

   - *Pergeseran peran NOC* *(National Oil Corporation) *dalam kancah
   global energi

   - NOC dan IOC - Pentingnya Pertamina sebagai bagian dari Ketahanan
   (energi) Nasional

2008/3/16 Ismail Zaini
:

> Bagaimana Kandidat ini Versi IAGI ? mungkin bisa diserap dr berbagai
> pendapat temen temen disini , kemudian di bikin " Kriteria Ka. BP
Migas" (
> dr IAGI) sebagai masukan ke DPR ,
> masalah Independensi itu Kriterianuya gimana , apakah karena sudah
> pensiunan
> terus dianggap independen , atau memang dari dulu tdk pernah
bersinggungan
> dg Birokrat , politik atau Asset asset negara yg lain. ( kalau ini
> kriterianya , maka keaempatan para "swastanan" terbuka lebar lebar )
>
> ISM

http://www.ogj.com/display_article/323137/7/ARTCL/none/none/Indonesia-lo
oks-to-replace-BP-Migas-chairman/?dcmp=OGJ.Daily.Update

Warnika
Migas,

12

Kardaya,

Tjatur

---------------------------------
Looking for last minute shopping deals?  Find them fast with Yahoo!
Search.

---------------------------------
Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile.  Try
it now.

DISCLAIMER : This e-mail and any files transmitted with it ("Message") is
intended only for the use of the recipient(s) named above and may contain
confidential information.  You are hereby notified that the taking of any
action in reliance upon, or any review, retransmission, dissemination,
distribution, printing or copying of this Message or any part thereof by anyone
other than the intended recipient(s) is strictly prohibited.  If you have
received this Message in error, you should delete this Message immediately and
advise the sender by return e-mail. Opinions, conclusions and other information
in this Message that do not relate to the official business of PETRONAS or its
Group of Companies shall be understood as neither given nor endorsed by
PETRONAS or any of the companies within the Group.

PIT IAGI KE-37 (BANDUNG)
* acara utama: 27-28 Agustus 2008
* penerimaan abstrak: kemarin2 s/d 30 April 2008
* pengumuman penerimaan abstrak: 15 Mei 2008
* batas akhir penerimaan makalah lengkap: 15 Juli 2008
* abstrak / makalah dikirimkan ke:
www.grdc.esdm.go.id/aplod
username: iagi2008
password: masukdanaplod