>From: nyoto - ke-el <[EMAIL PROTECTED]>

>Re: [iagi-net-l] KOMENTAR UNTUK CAKETUM IAGI?

>Pak Hestu Yth,
>Gimana caranya mengajukan calon ketua umum IAGI ?

Yth. Pak Nyoto & Rekan2 yg lain,

Mengenai Tatacara pencalonan dan waktu pendaftaran Caketum, kami panitia
mengikuti hasil dari rapat PP-IAGI tentang proses  pencalonan Caketum IAGI.
Tatacara tersebut juga sudah kami sebarkan melalui pos (lewat sekretariat
IAGI dikirimkan ke anggota dan Pengda), posting di milist IAGI dan web IAGI,
jika ada informasi yg tidak sampai ke beberapa anggota kami mohon maaf.
Berikut ini saya lampirkan tatacara pemilunya. Disitu pula disebutkan
terakhir tanggal pendaftaran sebagai Caketum tgl 6 Juni 2008. Jika masih ada
yg mendaftar di luar tanggal itu, kami harus kembalikan keputusan tersebut
ke PP IAGI.
Pada dasarnya siapapun yang maju mencalonkan diri, berarti mereka telah
berani menunjukkan komitmennya.
Bagaimanapun juga IAGI adalah milik anggota IAGI, semua demi kebaikan
bersama, siapapun yg terpilih mari kita dukung bersama....apakah itu Mas
Ridwan, Mas Syaiful, Bang Lambok...atau barangkali Mas Agus........

salam,
phn&yudi

**

 Tatacara Pemilihan Ketua Umum IAGI Kepengurusan IAGI 2008-2011

A)          Kriteria Calon Ketua

1.      Merupakan anggota IAGI sekurang-kurangnya selama 2 [dua] tahun,
aktif atau pernah berpartisipasi di dalam kegiatan-kegiatan IAGI, lunas
pembayaran iuran anggota IAGI

2.      Pernah membuat atau mempresentasikan makalah ilmiah yang berkaitan
dengan disiplin ilmu kebumian

3.      Diakui sebagai profesional di salah satu bidang yang berhubungan
dengan ilmu kebumian dan memiliki kepedulian di luar lingkup profesionalisme
yang ditekuni

4.      Memiliki kematangan dan integritas pribadi dan jaringan (network)
yang kuat untuk membawa IAGI ke tempat terhormat diantara
organisasi-organisasi profesi sejenis.

5.      Mempunyai komitmen, visi dan misi untuk memimpin IAGI dan bersedia
menjabarkannya dalam kampanye pemilihan baik secara lisan maupun tertulis,
antara lain dalam Berita IAGI.

6.      Didukung oleh sedikitnya 25 orang anggota biasa IAGI yang dibuktikan
dengan nomor anggota.

7.      Bersedia mengisi formulir kesediaan untuk dicalonkan secara lengkap
dan benar.

 *B)*    *Proses Pemilihan Ketua Umum*

*1.      **Persiapan*

a.       Pembentukan Panitia Pemilihan (Panpel) yang dikukuhkan dengan Surat
Keputusan Ketua  Umum* *IAGI.

b.      Panitia pemilihan akan menyiapkan prosedur pemilihan, jadwal kerja
dan mensosialisasikan kepada para anggota melalui media yang tersedia:
Berita IAGI, IAGI-net, dll.

*2.      **Proses Pencalonan*

a.       Panitia akan mengirimkan formulir pencalonan kepada seluruh anggota
bersamaan dengan proses sosialisasi prosedur pemilihan melalui Berita IAGI
dan IAGI-net dimulai tanggal *13 Feb 2008.*

b.      Panitia menerima kembali formulir pencalonan dari para calon atau
anggota yang mencalonkan* *terakhir tanggal *6 Juni 2008.*

c.       Panitia meneliti kelengkapan, melakukan verifikasi serta konfirmasi
kepada para calon kemudian mengumumkan calon yang diterima pada tanggal *13
Juni 2008.*

d.      Panitia meminta calon yang terseleksi untuk membuat program kerja
organisasi. Program kerja tersebut harus sudah diterima oleh panitia pada
tanggal *20 Juni 2008.*

*3.      **Proses Kampanye*

a.       Masa kampanye adalah tgl. *13 Juni 2008* sampai dengan waktu
pemilihan [yang akan dilaksanakan bersamaan dengan PIT IAGI ke-37 di
Bandung]

b.      Panitia melakukan sosialisasi program kerja yang diajukan calon
kepada seluruh anggota IAGI melalui media Berita PEMILU IAGI *(edisi khusus)
* serta IAGI-net pada tgl *27 Juni 2008*.

c.       Para calon juga diperbolehkan untuk berdiskusi langsung dengan para
anggota melalui media IAGI-net, surat atau telepon.

d.      Para calon diperbolehkan melakukan "road-show" ke daerah-daerah atas
inisiatif dan biaya sendiri selama masa kampanye.

*4.      **Proses Pemilihan*

a.       Pemilihan akan dilakukan secara langsung, yaitu melalui 'kartu
suara' yang akan diberikan/dikirimkan kepada seluruh anggota baik dalam
bentuk cetakan mau pun file elektronik.

b.      'Kartu suara' dapat dimasukkan ke dalam kotak suara pada saat
pemilihan, atau dikirimkan melalui pos atau faksimili ke Panitia Pemilihan,
atau melalui surat elektronik. Teknis pelaksanaan secara terinci akan
dijelaskan pada 'kartu suara'.

c.       Yang berhak memilih adalah anggota biasa IAGI yang terdaftar di
sekretariat per tanggal *30 Juni 2008.*

d.      Kartu suara sudah harus diterima oleh Panitia Pemilihan
selambat-lambatnya pada saat pembukaan Kotak Suara.

e.       Penghitungan suara akan dilakukan berdasarkan surat suara yang
masuk dan dinyatakan sah untuk dihitung.

f.       Penghitungan suara akan dilakukan pada Rapat Anggota yang akan
dilakukan pada *PIT ke 37 di Bandung*.

g.      Ketua terpilih adalah calon yang memperoleh suara terbanyak. Apabila
suara yang diperoleh dari beberapa calon sama jumlahnya, maka akan
diberlakukan ketentuan ART  Bab VIII pasal 30.

On 6/17/08, nyoto - ke-el <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
>
> Saya lihat beberapa teman sudah setuju dengan pancalonan mas Hendratno Agus
> (Sekretaris Jurusan Teknik Geologi FT, UGM), termasuk saya sendiri & juga
> pak mantan ketua IAGI pak Andang Bactiar. Tapi koq belum masuk ke bursa
> caketum ya namanya, gimana sich caranya supaya mas Agus bisa masuk caketum
> dari Yogya ?  Saya kira ybs juga tidak berkeberatan dicalonkan koq, ya to
> mas Agus ?  Mengenai nanti terpilih atau bukan, itu urusan belakangan, kan
> biar ganti suasana kalau ketua umum IAGI-nya dari Yogya.
>
> Terima kasih sebelumnya atas penjelasannya serta dukungannya.

Kirim email ke