Turut berduka cita yang sedalamnya atas berpulangnya Prof. Dr. John Ario Katili
(9 Juni 1929-19 Juni2008). Semoga Almarhum mendapatkan tempat yang baik di
sisi-Nya dan keluarga, sanak saudara, serta para sahabat yang ditinggalkan
diberi ketabahan.

Pak Katili adalah salah satu tokoh utama geologi di Indonesia. Jarang seorang
geologist yang punya kesempatan sebaik Pak Katili yang berkarier di banyak
bidang akademik,pemerintahan, dan politik. Kariernya sejak lulus sebagai
sarjana geologi sampai usia lanjutnya terisi penuh : guru besar geologi ITB di
usia muda - 32 th, dekan, pembantu rektor, drektur geologi di LIPI, deputi
ketua LIPI, dirjen pertambangan umum, dirjen geologi dan sumberdaya mineral,
penasihat menteri, wakil ketua MPR/DPR, dan duta besar. Kesempatan2 seperti itu
tentu susah didapatkan satu orang pada masa kini.

Meskipun begitu penuh kariernya, hobi menulis Pak Katili tetap terjaga dan
konsisten lebih dari 50 tahun. Tulisan-tulisannya berjumlah 250 (artikel,
paper, laporan kerja, ceramah, pidato, presentasi, buku) dari tahun 1951-2005.
Tiga bukunya, barangkali akan tetap kita kenang : 3000 juta tahun sejarah Bumi
(1953), Geologi (bersama Peter Marks, 855 hal), dan Geotectonics of Indonesia :
a modern view (1980 - kumpulan paper-paper tektonik lempeng).

Sebuah buku sebenarnya sedang digagas Pak Katili sebagai chief editor berisi
belasan paper yang diminta dari beberapa penulis tentang tektonik, mineral, dan
hidrokarbon untuk dipersembahkan kepada kawan karib Pak Katili, Michel Halbouty
di AAPG sebagai peringatan ulang tahun Halbouty ke-95. Pak Katili dibantu Pak
Bona Situmorang. Sayang, keduanya kini telah tiada. Beberapa paper telah
terkumpul, tetapi belum sempat diteruskan.

Dalam peringatan ulang tahunnya yang ke-75 tahun 2004 lalu, Pak Katili
menulis,"Saya sudah berjalan dalam hidup sekian waktu, sudah melampaui tiga per
empat abad dalam hitungan kalender Masehi. Serentang waktu yang tidaklah
singkat itu, saya sudah mencoba melakukan yang dapat dilakukan bagi kehidupan
dan penghidupan yang berkehidupan entah untuk keperluan pribadi, kepentingan
keluarga, kemaslahatan masyarakat, kemajuan bangsa-negara, dan pengembangan
ilmu pengetahuan"

Selamat jalan Pak Katili. Telah banyak jejak yang Bapak tinggalkan yang akan
mempermudah generasi kami dan adik-adik kami membaca tanda-tanda alam geologi
Indonesia untuk manfaat Tanah Air.

salam duka,
awang