From: Rovicky Dwi Putrohari <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [iagi-net-l] Paleo-hydrate Re: [iagi-net-l] Hydrate exploration
To: iagi-net@iagi.or.id
Cc: "Forum Himpunan Ahli Geofisika Indonesia" <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Wednesday, November 26, 2008, 10:31 AM

Hydrate merupakan salah satu HC yang berujud padat (freezed gas, gas
beku). Pemerangkapan hydrate  (hydrates trapping) itu tidak seperti
trapping liquid Hydrocarbon. Mungkin tidak memerlukan top seal seperti
gas. Karena ujudnya padat maka dia bisa seperti sebuah lapisan
"batu".

Sependek pengetahuan saya hydrates masih belum bisa "ditambang"
(secara eonomis). Metode untuk membawa (mengangkut) hydrates dari 'sea
bottom' ke permukaan dengan metode yang cukup ekonomis belum ada yang
melakukannya. Memang ada beberapa melakukan coring pada "gas beku"
ini. Atau menambang dalam skala laboratorium. Namun sampai di
permukaan ketika suhu kamar hydrates akan menguap. Bongkahan hydrates
ini memang bisa dibakar (combustible), karena memang berupa gas.

Salah satu kendala yang menantang dalam memproduksi hydrates adalah
keberaan "deposit" hydrate ini sering pada lereng atau tumpukan
sedimen laut dalam yang tidak stabil secara mekanik. Sehingga metode
untuk "menambang" hydrates ini merupakan metode gabungan penambangan
(benda padat/solid material) dan metode pengoperasian lapangan gas.

2008/11/25 Franciscus B Sinartio <[EMAIL PROTECTED]>:
> Pak Awang,
> katanya,  gas hydrate nya sudah di kubur oleh sedimen yang kemudian
menjadi top sealnya.
> dan saya lupa umur dari sedimen yang menutupinya, kalau tidak salah
pliocene.
> saya juga tdk sempat tanya bagiamana caranya hydrate nya di preserve
walaupun keseimbangannya sdh diganggu dengan hadir nya sediment diatasnya.
> dan seberapa besar kecepatan deposit sediment yang diperlukan untuk
menutupi hydrates tersebut tanpa mengganggu keseimbangan hydrate nya.
> kalau storm deposit relative hanya sebentar dan sedikit saja depositnya.
>
> awalnya tidak disangka itu adalah dari hydrate.
> karena memang BSR nya sudah tidak kelihatan lagi.
> saya tidak tahu bagaimana mereka memutuskan itu adalah dari hydrate
asalnya.

> ok saya coba cari cerita lengkapnya.
> si kawan itu bawa kartu namaku tetapi dia tidak kasih kartu nama, mudah2an
dia mencariku nanti,.

> saya akan coba2 cari dulu dari lapangan gas di India yang cukup besar.
lalu coba2 cari publikasi tentang hal itu.

> fbs

Geo Unpad <[EMAIL PROTECTED]>; Eksplorasi BPMIGAS
<[EMAIL PROTECTED]>
> Sent: Tuesday, November 25, 2008 10:36:50 AM
> Subject: RE: [iagi-net-l] Hydrate exploration
>
> Pak Franc,
>
> Info yang menarik kalau memang benar. Kalau benar sedang di-POD-kan
mungkin ini akan jadi salah satu lapangan gas hidrat pertama di dunia yang
diproduksikan. Setahu saya, sampai saat ini soal gas hidrat masih dalam taraf
perhitungan sumberdaya secara spekulatif. Pemboran eksplorasi yang ditargetkan
gas hidrat belum pernah saya dengar, apalagi di-POD-kan. Teknik mengambil gas
hidrat dari TP (temperature & pressure)tertentu dan memproduksikannya secara
komersial ke TP normal pun setahu saya masih dalam tahap eksperimen oleh
negara-negara maju (a.l. Jepang).

> Gas hidrat pada dasarnya hanya gas biogenik yang membeku karena temperatur
sangat dingin dan tekanan besar, sehingga membentuk es di kisi-kisi kristal
batuan sedimen di permukaan. Namanya gas biogenik, ia tetap butuh kandungan
organik tertentu, tidak perlu TOC besar untuk generasi gas biogenik, tetapi ia
tetap butuh asupan organik. Maka suatu longsoran bawahlaut yang disertai debris
organik lebih berpeluang menghasilkan biogenic gas/hydrate gas dibandingkan yang
tak punya debris organik.

> Kalau ada delta besar semacam Gangga, Irawadi, Niger, Mississippi, dan
Mahakam yang membuang sedimennya secara cepat ke cekungan besar dan dalam di
depannya, itu sangat mungkin terbentuk hidrat sebab delta terkenal kaya organik.
Gas hidrat di Makassar Strait dengan model ini pernah dipelajari dan
dipublikasikan. Kalau ada pegunungan kaya vegetasi tropis seperti di Indonesia
yang membuang sedimen berorganiknya ke palung sebelahnya, itu pun akan kaya gas
hidrat seperti ditunjukkan gas hidrat di palung Sumatra-Jawa. Pegunungan
Sulawesi Barat pun kaya vegetasi dan memasok sedimen lautdalam di lepas pantai
Sulawesi Barat.

> Saya tak sering melihat BSR (bottom stimulating reflector) yang menjadi
penciri gas hidrat, muncul di sedimen permukaan Laut Banda. Sampai saat ini BSR
di Indonesia, terutama yang muncul di area-area perminyakan di lepas pantai
Sulawesi Barat lebih diwaspadai sebagai drilling hazard dibandingkan energi
nonkonvensional.

> Lapangan gas hidrat di offshore selatan India itu sebaiknya dicek lagi,
mungkin hanya gas field di deepwater reservoirs ala Gendalo di Selat Makassar.

> Salam,
> awang

TCF (rec reserves).
> asalnya dari hydrate methane, yang lalu terkubur karena dapat deposit yang
cepat dari sungai gangga(?)
> jadi  hydratenya masih terperangkap di bawah sediment ini.
> kalau tidak salah status fieldnya sekarang dalam taraf POD(FDP)
> saya tidak ingat nama perusahaannya atau block nya atau fieldnya.
> silahkan yang jago scouting cari.
> saya hanya dapat info tentang ini secara informal dari seseorang yang
sekarang jadi konsultan di perusahaan ini.
> ketemunya cuma sebentaran, kebetulan ketemu di salah satu conference.
>

> play type kayak begini bisa saja terjadi juga di makassar strait(sungai
mahakam)  dan Laut selatan Jawa (sungai Brantas?).
> jadi kita tidak perlu terpaku bahwa tdk ada source rock yang bisa men
generate Methane nya.
> .
> kalau laut Banda katanya juga banyak hydate nya, cuma saya tdk tahu apakah
ada sediment supply yang datang secara tiba2 yang bisa menguburkan hydrate ini.
> tetapi tidak harus ada sungai.  turbidite karena slope failure juga bisa.
malahan yang ini biasanya mudrich jadi bisa jadi top seal yang bagus.

> selamat berburu paleo-hydrate.
>
> fbs

discovery") bukanlah hydrate gas, melainkan diperkirakan berisi oil/gas
conventional. Dua lembaga riset yang aktif melakukan penelitian hydrate gas
adalah : BPPT dan P3GL (Puslitbang Geologi Kelautan). Kontak yang tepat untuk
kedua lembaga itu : Pak Yusuf Surachman ([EMAIL PROTECTED], e-mail resminya di
BPPT saya tak tahu), Pak Subaktian Lubis (P3GL, mohon maaf kalau salah tulis
nama beliau, bisa kontak ke [EMAIL PROTECTED]

> Salam,
> awang

Indonesia?
> Terutama nama dan alamat emailnya? Terima kasih atas informasi yang
diberikan.

> Salam,
> Yangkung

> serah-terima pp-iagi: senin sore, 13 oktober 2008
> ketua umum: LAMBOK HUTASOIT
> sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL
> pasukan sedang disusun, hanya satu IAGI...

Science, "Selalu dianggap benar sampai terbukti salah"
Pajak, "Selalu dianggap hutang sampai dibayar lunas"