From: udrekh [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, November 28, 2008 9:05 AM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Paleo Hydrate.....Re:forumDigest, Vol 21, Issue 77

Salam kenal pak Ismail,

Yah, ini yang saya rasakan pas pulang ke Indonesia pak. Kalau di luar,
kita suka berfikir ilmu untuk ilmu. Pekerjaan seorang peneliti adalah
membaca banyak jural, melakukan peneltian, ikut seminar, lalu publikasi
jurnal. Seaneh apapun ilmu, kok ada aja komunitasnya.

Pas pulang, banyak hal yang sudah sukar untuk dilakukan, karena
banyaknya keterbatasan (yang berarti juga peluang). Di sini,
tanggungjawab sebagai seorang peneliti seperti saya, haruslah berfikir
dengan mempertimbangkan skala prioritas dan "apa yang mungkin untuk
dilakukan".

Melihat kondisi di kantor, dan kondisi di Indonesia, banyak prioritas
lain yang cukup mendesak. Regenerasi juga tidak berjalan dengan mulus,
belum para pakar yang lalu memilih untuk "duduk" di kursi jabatan.
Pilihannya jadi semakin sukar, mau tekun di ilmunya, atau jadi orang
struktural yang lama-lama mulai tergerus ilmunya, atau semakin sedikit
waktu menelitinya. Melihat prilaku teman-teman saya sesama peneliti di
Jepang, mereka cukup habis waktunya untuk fokus di bidang penelitiannya.
Produksi paper 1 buah pertahun pun, untuk beberapa bidang cukup sulit.
Lah, kalau kita, dengan nyambi sana-sini, waktu terbagi untuk banyak
hal, dengan keterbatasan yang luar biasa banyak, ya akan sukar untuk
mengejarnya.

Karena keterbatasan SDM di lembaga penelitian seperti BPPT, saya fikir
memang kita tetap perlu berfikir mengenai apa yang lebih prioritas untuk
kita kerjakan (bisa karena aspek "mendesak",atau "lebih penting).
Makanya, dengan rentang waktu penelitian mengenai gas Hidrat yang masih
cukup lama, ditambah dengan banyaknya permasalahan kita yang juga
menuntut kompetensi saya (seperti setumpuk DLT tape untuk kajian gempa
sumatera yang ada di ruangan saya), maka memang harus pintar-pintar
memilih. Tapi, mestinya sih saya harus tetap rajin jadi pengamat gas
hidrat. Entah sampai mana ICGH6 yang lalu menghasilkan kemajuan.Sesi
teknologi eksploitasi selalu jadi sesi yang ditunggu-tunggu.

Semoga teman-teman di milis ini yang saya lihat banyak pengetahuan di
bidang gas Hidrat ini juga bisa saling berbagi.

On Wed, 2008-11-26 at 23:26 -0800, Ismail Zaini wrote:
> akhirnya saya
> ===============
>
> Mas Udrekh , kenapa sampeyan  harus banting stir , tetap saja  dijalurnya
> Perhydratan gak perlu dibanting , kan sayang ilmunya dan pengalamannya
> lagian masih sedikit yang mendalami di  perhydratan ( apalagi S2 dan S3 nya

> masalah perhydratan )
>  ( nanti kalau sering sering banting stir ........bisa bisa jadi " ahli
> segala bidang kecuali bidangya"  lho.......    )
>
> Salam Dari Tetangga Sebelah
>

> ISM
> -

---
serah-terima pp-iagi: senin sore, 13 oktober 2008
ketua umum: LAMBOK HUTASOIT
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL
pasukan sedang disusun, hanya satu IAGI...