Bravo Mang Okim, saya turut gembira dan salut karena Mang Okim telah
menjadi "provokator" yang tak kenal lelah untuk mengungkap kekayaan dan
konservasi batumulia tanah air. Sebenarnya eksplorasi batumulia di
Indonesia masih sedikit, walaupun demikian pada beberapa lokasi telah
terjadi eksploitasi yang membabi buta yang menyebabkan kerusakan
lingkungan seperti di daerah Lebak Bantenm,Jasinga dan nyaris di
Tasikmalaya selatan. Chalcedon yang diolah (apalagi diameternya 20 cm)
bisa menjadi bagian jewerly yang berharga tinggi dan bisa menghidupkan
industri permata maupun pariwisata. Di Australia chalcedon sudah menjadi
komoditi yang dikemas dengan sangat baik sehingga berharga tinggi dan
dijuah ditoko perhiasan hingga di bandara internasional. Chalcedon
merupakan kekayaan negri volkanik seperti Indonesia yang juga merupakan
bagian dari proses dari yang berasosiasi dengan hidrotermal. Untuk bisa
menggarap kini telah dimungkinkan untuk kuliah endapan batumulia di ITB,
dan UNSUD. Nah mungkin IAGI & MGEI kedepannnya bisa dukung program
pendidikan hulu hingga hilir batumulia ? Semoga seperti promosi Mang Okim
hijau-biru chalcedon dapat meneduhkan menjadikan ikatan brotherhood
semakin baik! Laris manis Mang Okim!

Salam

Andri

> Rekan-rekan Gem-Lovers yang budiman,
>
> Beberapa hari yang lalu, seorang pemasok bahan mentah datang ke Serambi
> Batu Mulia membawa beberapa contoh batuan antara lain yang gambarnya
> terlihat di bawah ini.  Mang Okim benar-benar terkesima melihat contoh
> batu mulia yang satu ini. Jenisnya siih kalsedon biasa, tetapi coba lihat
> struktur botryoidalnya yang bergaris tengah sampai 20 cm ( yang besar ).
> Ukurannya yang boleh dibilang raksasa membuat mang Okim yang telah
> bergelut dengan batu mulia selama hampir 20 tahun berani bilang bahwa
> [...]

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...