Mas Mar,

Aduh ndak perlu pake kata-kata geologist Indonesia brilliant begitu
toh, nanti saya ditertawakan orang-orang di milis, wong saya cuma
bisanya mengutip orang lain saja itupun kadang masih salah kutip.
Tingkatan saya kan belum sampai mengeluarkan teori-teori, tapi kalau
teori tentang menonton sepakbola, saya sih tahu banyak Pak.

Kembali ke posisi asterik yang kita bicarakan, sayang sekali saya
tidak berhasil membaca isi buku [1] dari link yang Mas Mar kirimkan.
Kata Google, halaman 7x22=154 itu tidak termasuk bagian yang bisa
ditampilkan secara gratis. Dari referensi [2] yang Mas Mar cantumkan,
yang saya pahami adalah bahwa daratan (Pangea) selalu ditempatkan di
bagian hemisphere yang terlihat, sedangkan lautan (Samudera Pasifik
yang lebih luas) ditempatkan di hemisphere yang tidak kelihatan. Cara
menempatkan rekonstruksi Pangea yang demikian sebenarnya konsisten
dengan rekonstruksi-rekonstruksi akhir-akhir ini (catatan:
rekonstruksi Pangea versi Dietz & Holden tampaknya telah dilakukan
pada tahun 1917, mungkin tahun 1970 mereka publikasikan lagi). Seperti
yang telah saya tunjukkan, jika kita menggunakan rekonstruksi yang
lebih baru, posisi asterik itu akan berubah.

Rekonstruksi-rekonstruksi Pangea yang lama, termasuk Pangea A dan A2,
belum menggunakan data paleomagnetik sama sekali jadi hanya seperti
mencocokkan posisi guntingan karton plus data geologi/paleontologi,
sedangkan Pangea B telah menggunakan data paleomagnetik, walaupun
dengan asumsi hanya dipole. Jika data paleomagnetik digunakan dan
kontinen-kontinen dikembalikan ke posisi paleolatitude mereka, maka
posisi asterik mungkin akan berada di Afrika Barat (Pangea B) atau di
Maroko (Fig 7 pada link [3]).

Carey (1988), yang dikutip oleh Mas Mar rupanya adalah pencetus teori
ekspansi bumi. Sekilas saya baca, paper beliau tentang "subduksi"
pernah ditolak oleh Journal of Geophysical Research pada tahun 50an.
Tampaknya, penolakan paper ini dan alasan yang diberikan oleh para
juri telah membuatnya sakit hati. Papernya ditolak lagi pada tahun
1972 oleh jurnal yang sama tapi dengan editor yang berbeda. Saya duga,
memperjuangkan teori ekspansi bumi agar diterima di dunia geologi
tampaknya kemudian menjadi semacam misi pribadi, hingga muncullah buku
Carey pada tahun 1976, 1988 dan 1996 [4].

Untuk sementara demikian dulu Mas Mar, terima kasih atas kiriman
Collins 2003. Nanti saya akan baca di kala senggang pas sedang
menunggu bis ketika hendak ke kantor.

Salam
min

Link:
[3] http://www.geodynamics.no/guest/Nondipole2001.pdf
[4] http://www.geocities.com/CapeCanaveral/Launchpad/8098/SWCarey.htm

2009/5/9 Maryanto <maryan...@yahoo.com>:

> Gambar asterik pusat Pangea, saya dapatkan dari John K. Davidson, Petrecon
> Australia Ltd (2000), guru kursus struktur geologi, satu lembar saja. Itu di
> dalam satu buku, termasuk ulasan paper beliau (tanpa sebut gambar itu).
> Gambar aslinya bisa di search dengan kata kunci berikut, bila link berikut
> tak bisa di klik:

[1]Samuel Warren Carey, 1988, Theories of the earth and universe,
history of dogma in the earth sciences, Standford University Press,
1988.
http://books.google.co.id/books?id=l_0l0KOdHLoC&pg=PA155&lpg=PA155&dq=wegener+carey+dietz+holden&source=bl&ots=G9zAPwu4Kd&sig=ySjWCnYIDj7O6kotbeQRML_nFOk&hl=id&ei=u3MFSpDcI4zq6gPpsY2DAw&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=1#PPP1,M1
[2] Chapter 7 (kebetulan angka 7 juga): Earth Expansion

--
- when one teaches, two learn -
http://www.geotutor.tk

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...