Fajri, saya jawab pertanyaan nomor 2.

Cekungan Buru dan Sula adalah cekungan dengan basement kerak intermediat
(transisi kontinen ke oseanik) atau kerak oseanik dengan sedimen yang tipis.

Data seismik terbaru (2007) di Cekungan Buru memperlihatkan rifted oceanic
crust (kemungkinan besar) dengan kedalaman laut 5-7.5 seconds TWT dan sedimen
yang tipis (100-500 miliseconds). Sedimen diperkirakan semuanya berumur
Tersier, dominan Neogen. Tektonik basin berhubungan dengan asal kerak Banda,
apakah oceanic crust muda (Neogen) yang terjadi sebagai back-arc spreading di
belakang collision Busur Banda, atau oceanic crust tua (Mesozoic) yang
terperangkap oleh proses Banda arching (pembusuran Banda). Dua pendapat ini
sama-sama dominan saat ini. Secara klasifikasi tektonik, Buru Basin bisa
diklasifikasikan sebagai Paleogene oceanic fracture dan Neogene oceanic remnant.

Data seismik terbaru (2007) di Cekungan Sula memperlihatkan bahwa cekungan ini
meliputi lereng passive margin Sula mikrokontinen di sebelah selatan, dan
imbricated zone North Sula Fault (segmen Sula dari Sesar Sorong) di sebelah
utara. Sedimen pada passive margin sekitar 1-2 seconds TWT tebalnya, begitu
juga imbricated zone akibat tectonic thickenning. Kerak basin sebagian benua,
sebagian intermediat, dan sebagian oseanik. Origin basin ini erat berkaitan
dengan mekanisme pull-apart akibat North Sula Fault pada Neogen. Kedalaman laut
di cekungan ini bervariasi dari 1-6 seconds TWT.

Cekungan Lariang di sebelah barat Sulawesi adalah aborted passive margin untuk
Paleogen relatif terhadap rifting Makassar Strait yang berhenti (aborted,
failed) pada awal Neogen. Selama Neogen, Lariang merupakan foreland basin yang
posisinya retro-foreland relatif terhadap pro-foreland basin (Banggai) akibat
collision mikrokontinen Banggai-Sula. Terangkatnya volcanic high Middle-Late
Miocene Camba volcanics di Sulawesi Barat telah menekuk Lariang menjadi
foreland basin yang semua arah thrust-nya (thrust vergency) ke arah barat -ini
pun berposisi sebagai retro-fold and thrust belt relatif terhadap pro-fold and
thrust belt di timur Sulawesi yang frontal terhadap Banggai collision.
Perhatikan terminologi pro- dan retro- dalam sistem foreland basins di Sulawesi
ini. Lebih jauh tentang ini bisa dilihat di publikasi saya tentang collision
tectonics (Satyana et al., PIT IAGI, 2007) dan collision tectonics and
hydrocarbon implications (Satyana et al., PIT IPA
 2008).

salam,
awang