From: forum-boun...@hagi.or.id [mailto:forum-boun...@hagi.or.id] On Behalf Of
fikrilhak...@yahoo.com
Sent: Thursday, May 28, 2009 11:33 PM
To: Forum Himpunan Ahli Geofisika Indonesia
Subject: Re: [Forum-HAGI] Ditemukan Gunung Api Raksasa Bawah Laut Sumatera

Pak Rovicky,

Berdasarkan salah satu data seismik yang diukur di daerah barat daya sumatera
selatan (Bahar et al., 2005),kedalaman laut mencapai 3 sec (~ 4500 m). Lokasi
data seismik ini kira2 200 km  tenggara Pulau Enggano. Kedalaman laut
disekitar fore-arc basin barat daya Sumatera relatif sangat dalam. Kalau saya
bandingkan kedalaman laut pada lokasi data seismik tersebut menggunakan
gambar satelit (google) , kedalaman laut disekitar gunung api tersebut (330
km Bengkulu) bisa mencapai lebih dari 4500 km. Apa ada bukti lain, selain
bentukan kaldera, bahwa struktur tersebut adalah benar gunung api bawah laut?

Fikril