Mneumotics (jembatan keledai) yang baik Pak Cepi, dari seorang guru yang
kreatif, seperti mneumotics paling terkenal : mejikuhibiniu untuk urutan warna
pelangi. Saya menghafalkan huruf2 k, p, t, s tersebut itu sebagai "keputusan".
Banyak2lah membuat mneumotics agar hafalan lebih mudah, saya juga menciptakan
banyak mneumotics saat sekolah dan kuliah dulu (yang sayangnya hanya bisa
diingat sendiri saja tidak universal seperti mejikuhibiniu) untuk menghafal
banyak hal dalam geologi: urutan zaman, kekerasan mineral, komposisi kerak
bumi, unsur2 dalam sistem periodik, dll. Contoh sederhana saja:
"tagicafu-afekuto-kodi" -ada yang bisa menebak jembatan keledai apa ini?
He..he..

Suatu hari beberapa bulan yang lalu saya melihat-lihat sebuah buku untuk
sekolah menengah yang menerangkan konsep2 fisika, kimia, biologi menggunakan
ratusan mneumotics; saya tunjukkan buku tersebut kepada anak saya yang masih di
sekolah menengah apakah tertarik membelinya; mereka menggelengkan kepala.
Katanya mereka punya mneumotics-nya sendiri. Memang kebanyakan mneumotics
adalah personal bukan universal- mudah dihafal oleh penciptanya, tetapi susah
diingat oleh orang lain.

Setiap anak sekolah iseng2 membuat mneumotics untuk dirinya sendiri -itu bagian
yang menyenangkan dalam belajar. Saya juga kadang2 masih membuat mneumotics,
lumayan membantu menuntun pikiran yang tertatih-tatih karena banyak hal yang
harus diingat.

Salam,
Awang