From: Rovicky Dwi Putrohari [mailto:rovi...@gmail.com]
Sent: Friday, September 03, 2010 4:19 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Gn Sinabung meletus juga

Mungkin Pak Wayan tidak terbiasa dengan diskusi "gaya mailist". Problem dari
komunikasi jarak-jauh tanpa wajah dan swara.

Kembali ke diskusi letusan

Kalau yg aku kutip dibawah ini yang ngomong seorang volcanologist berbicara
ttg a risk of a phreatic eruption
<http://en.wikipedia.org/wiki/Phreatic_Eruption>in
Eyjafjallajökull<http://icelandreview.com/icelandreview/upload/files/maps/eyj
afjallajokull.jpg>

*"There have been indications for two to three months that the main movement
of magma is straight underneath the summit crater at a significant depth,"
Sigurdsson told
mbl.is<http://mbl.is/mm/frettir/innlent/2010/04/14/haetta_a_sprengigosi/>
.*

*He said the crater is quite large, approximately five kilometers in
diameter. Now the ice inside it is starting to melt as magma is flowing
underneath the ice. "When it melts its way through there is a risk of a
phreatic eruption."*
http://icelandreview.com/icelandreview/daily_news/?cat_id=16567&ew_0_a_id=360
683

Mungkin banyak juga yang sudah melihat letusan gunung di Islandia yg disebut
sebagai PHREATIC (Volcanologist Haraldur Sigurdsson). Dalam letusan itu
tentusaja juga ada lava bara batu (batu yang membara) yang ikutan keluar.
Kenapa mereka tidak menyebutkan magmatic ?

Memang betul di Islandia itu diawali aktifitas magma. Hanya saja di Sinabung
ini tidak diketahui adanya aktifitas magma sebelumnya. Tidak tercatat gempa
volkanik yg dilaporkan BMG.

Mungkin Mas Brahmantyo bisa menunjukkan referensi bahwa ketika ada lava
keluar maka disebut sebagai letusan magmatik ?

Sebut saja nama saya ndak usah pakai rekan terkait ... aku bukan anonim kok

RDP

2010/9/3 Brahmantyo Gunawan <brm...@yahoo.com>

> [...]
> b.  Lihat foto di malam hari yang memperlihatkan lava terlempar, tetapi
> masih tanya 'Apakah memang ini magmatik ?
>  >>>>>>  Sudah lihat lava, kok masih sangsi ini letusan magmatik (?)
> c. Rasanya bukan letusan magmatik
>   >>>>>>  ?????
>
> Pak, saya sangat menghargai pendapat,
> Apabila Hal no.1 & 2 disampaikan kalangan awam (non geologist), wajar saja.
> Namun cukup aneh jika dinyatakan oleh Geologist, dan sdh senior.
>
> Itu mungkin membuat Saya 'agak gemas' saja...:)
> Ga bermaksud mendiskreditken/menyerang seseorang.
>
> Note: Bisa saja Saya yang keliru/naif :)

---
> PP-IAGI 2008-2011:
> ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
> sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
> * 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...

> IAGI-net
<http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iagi.or.id/%0AIAGI-net>Archive 2:

Don't give up until you believe what you did is wrong !