Pak Koesoema,
Terimakasih atas ceritanya. Ini amat bernilai, juga salut atas usaha
melaksanakan PIT pertama th 1974.

Adalah ini suatu yang sulit kami ketahui tanpa Pak Koesoema mau berceritera.

Netters,
Di sebutkan PIG "Pertemuan Ilmiah Geologi" pertama th 1974.
(Di ujung mail ini, istilah PIG adalah PIT "Pertemuan Ilmiah Tahunan. Kadang
Convention, Konvensi).

Kini th 2010, sebagai PIT ke 39

Karena tahunan, maka maximum pertemuan adalah sekali setahun.
Nadanya, setiap tahun di selenggarakan PIT untuk durasi th 1974-2010 ini.
Tak ada tahun tanpa PIT sejak 1974.

Nah bila th 1974 adalah ke-1, kini (2010) baru 36 tahun kemudian dari th 1974.
Maka PIT 2010 adalah ke 37.
Mengapa PIT 2010 adalah ke 39 ? Ada dua berbeda.

Apakah:
1. Adakah dalam satu tahun (sesudah th 1974) terjadi PIT dua kali , dan ini
terjadi pada dua tahun ?
2. Konvensi th 1974 itu di sebut ke-3, di kerjakan pertemuan besar, sedangkan
telah ada pertemuan jauh lebih sederhana, dua kali antara 1960-1973 ?

Ma'af bila merepotkan Pak Koesoema dan netters, atas kami memang ingin tahu
sejarahnya.

Terimakasih.

Wass,
Maryanto.