Sepertinya perlu ada lunchtalk dari pak Agung (PND) tentang data ini.
Saya melihat masih banyak kerancuan antara :
- Klasifikasi data (data type and classification)
- Kerahasiaan data (confidentiality).
- Keterbukaan (open file vs closed file policy).
- Data accessability. Akses data.
- Licensing data. Sehubungan dengan penggunaan data. Ini aspek legalitas.
- dll

Mungkin IAGI dapat menjebatani ?

Seringkali kita terjebak diskusi antara "kemudahan" akses data serta
"kerahasiaan". Juga ada yg disebut "knowledge" yang merupakan
proprietary, tapi tidak berhubungan dengan data. Misal report
(research), publication.
Salam
Rdp

--
Sent from my mobile device

*"Everybody is safety leader, You can stop any unsafe operation !"*

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...